Hanya Punya Satu Kursi di DPRD DKI, PPP dan Perindo Bakal Numpang di Fraksi Partai Lain

Oleh: Lydia Fransisca
Rabu, 11 September 2024 | 18:58 WIB
DPRD DKI Jakarta. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
DPRD DKI Jakarta. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Ketua Sementara DPRD DKI Jakarta Achmad Yani mengungkapkan, Partai Perindo akan bergabung ke Partai Demokrat dalam pembentukan fraksi. Pasalnya, Partai Perindo hanya mendapatkan satu kursi DPRD pada periode 2024-2029.

Selain Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) juga hanya memiliki satu kursi. Akhirnya, PPP memutuskan untuk bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Jadi memang partai yang kursinya sedikit, mereka tidak bisa membentuk fraksi sendiri. Mereka harus mengikut fraksi yang ada. Perindo satu kursi, enggak bisa. Maka dia ikut kepada Demokrat. Begitu juga PPP hanya satu kursi, ya kemudian ada fraksi PKB. Mungkin nanti ikut ke PKB" kata Achmad Yani di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (11/9/2024).

Meski demikian, putusan ini belum resmi karena DPRD DKI Jakarta masih merumuskan alat kelengkapan dewan (AKD) untuk masa jabatan 2024-2029.

Nantinya, penetapan penggabungan fraksi-fraksi partai di DPRD ini akan dilakukan pada 17 September mendatang, termasuk penyusunan AKD lainnya.

Adapun AKD lainnya adalah menetapkan lima pimpinan DPRD DKI Jakarta yang terdiri satu orang ketua dan empat wakil ketua.

Seperti yang diketahui, ketua DPRD akan diduduki PKS selaku pemenang Pileg 2024. Sementara itu, wakil ketua akan diisi oleh PDIP, Gerindra, NasDem, dan Golkar. 

"Untuk ketua dan wakil ketua, sekarang kita juga sudah menyampaikan surat ke masing-masing partai untuk mengajukan calon-calon pimpinan," jelas Yani.

"Nah, setelah nama-nama itu masuk, nanti kita segera akan memproses. Kita akan rapat paripurna. Hasil rapat paripurna kita umumkan, nanti kita akan sampaikan ke Kemendagri," tambahnya.

Selain itu, akan ditetapkan juga komposisi komisi-komisi dan badan-badan di DPRD.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: