Kominfo, Indosat, dan Mastercard Bekerja Sama Ciptakan Spesialis Keamanan Siber di Indonesia

Oleh: Imantoko Kurniadi
Kamis, 12 September 2024 | 22:30 WIB
Kolaborasi strategis Kominfo, Indosat, dan Mastercard luncurkan akademi keamanan siber di Indonesia. (BeritaNasional/Doc. IOH)
Kolaborasi strategis Kominfo, Indosat, dan Mastercard luncurkan akademi keamanan siber di Indonesia. (BeritaNasional/Doc. IOH)

BeritaNasional.com -  Sebagai langkah strategis untuk memperkuat ekosistem digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan akademi daring bekerja sama dengan Cybersecurity Center of Excellence dari Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) dan Mastercard Indonesia.

Inisiatif ini bertujuan untuk mempersiapkan satu juta masyarakat Indonesia dalam bidang keamanan siber, menandai kemajuan penting dalam upaya Indonesia untuk menjadi pemain utama dalam ekonomi digital global.

Akademi daring ini, yang memanfaatkan platform Digital Talent Scholarship (DTS) milik Kominfo, akan fokus pada pengembangan pengetahuan dasar dan keterampilan praktis dalam keamanan siber untuk individu dan usaha kecil.

Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa peserta siap melindungi diri mereka di dunia yang semakin terdigitalisasi, serta meningkatkan keterampilan para profesional dan talenta baru di bidang ini. Dengan demikian, diharapkan jumlah spesialis keamanan siber di Indonesia akan meningkat.

Peserta program DTS akan memperoleh keterampilan esensial untuk ekonomi digital, seperti cara mengelola perangkat, aplikasi, dan akun; memperbarui perangkat lunak dan keamanan daring; melindungi diri dari serangan phishing dan malware; serta mengamankan data bisnis melalui backup. Inisiatif ini bertujuan untuk menjadikan Indonesia sebagai pemimpin dalam keamanan digital, tidak hanya di Asia Tenggara tetapi juga di tingkat global.

Budi Arie Setiadi, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, menyatakan, kemitraan ini adalah langkah penting dalam pengembangan digital Indonesia.

"Kami berkomitmen untuk membangun ekosistem digital yang aman dan tangguh, di mana keamanan siber merupakan bagian integral dari misi kami. Dengan dukungan Indosat Ooredoo Hutchison dan Mastercard, kami meletakkan dasar yang kuat untuk mempersiapkan talenta digital Indonesia menghadapi tantangan masa depan,” kata Budi, seperti dikutip dari keteranganya, Kamis (12/9/2024).

Sementara Vikram Sinha, Direktur Utama dan CEO Indosat Ooredoo Hutchison, melanjutkan talenta digital adalah kunci masa depan Indonesia. "Kami merasa terhormat dipercaya oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk mendukung inisiatif ini. Bersama Mastercard, kami berkomitmen untuk mempercepat perjalanan Indonesia menuju negara yang maju dan aman secara digital, serta siap bersaing di tingkat global. Dengan inisiatif bersejarah ini, kami yakin Indosat semakin dekat untuk mencapai tujuan besar kami dalam memberdayakan Indonesia,” tutupnya.

Inisiatif ini merupakan bagian dari Cybersecurity Center of Excellence yang diluncurkan oleh Indosat Ooredoo Hutchison dan Mastercard pada April 2024. Kolaborasi ini menegaskan semangat gotong royong dalam memberdayakan tenaga kerja digital Indonesia dan memperkuat posisi bangsa di kancah ekonomi digital dunia, serta menetapkan tolok ukur baru dalam pelatihan keamanan siber dan pengembangan talenta digital di Indonesia.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: