Soal Kabar Sugiono Jadi Menlu, Gerindra: Belum Final

Oleh: Ahda Bayhaqi
Kamis, 12 September 2024 | 22:00 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sugiono. (BeritaNasional/SinPo.id/Tim Media)
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sugiono. (BeritaNasional/SinPo.id/Tim Media)

BeritaNasional.com -  Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sugiono, disebut-sebut akan menjabat sebagai Menteri Luar Negeri dalam kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran.

Namun, Ketua Harian DPP Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengungkapkan bahwa hal tersebut belum final karena susunan kabinet masih dalam tahap pembahasan dan simulasi.

"Ya, semua masih belum ada yang final," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9/2024).

Dasco menjelaskan bahwa nama-nama yang beredar di masyarakat adalah aspirasi dari publik. Namun, belum ada sumber resmi yang mengonfirmasi susunan kabinet secara final.

"Sehingga spekulasi dan aspirasi yang ada di masyarakat mengenai daftar-daftar yang beredar itu saya pastikan belum fix, dan bukan dikeluarkan dari sumber resmi," ujar Dasco.

Sebelumnya, Sugiono menanggapi kabar bahwa dirinya akan menjadi Menteri Luar Negeri di pemerintahan Prabowo-Gibran. Sugiono mengaku tidak mengetahui apakah ia akan dilibatkan sebagai menteri, dan juga tidak terlibat dalam proses penyusunan kabinet Presiden terpilih Prabowo Subianto.

"Saya tidak terlibat dalam pembahasan apakah saya akan masuk atau tidak," kata Sugiono di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (12/9/2024).

Nama Sugiono menguat karena pernyataan Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra, Hashim Djojohadikusumo, yang menyebut bahwa sejumlah alumni SMA Tarun Nusantara akan menjadi menteri di kabinet Prabowo-Gibran. Sugiono merupakan salah satu alumnusnya.

"Saya kira dalam rangka memecahkan masalah bangsa ini, tidak ada batasan berdasarkan alumni, kelompok, ataupun partai. Ini merupakan sebuah usaha bersama," kata Sugiono.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: