Dasco Perkirakan Kabinet Prabowo Didominasi Profesional daripada Kader Parpol

Oleh: Panji Septo R
Sabtu, 14 September 2024 | 13:20 WIB
Dasco perkirakan kabinet banyak dari kalangan profesional (Beritanasional/Panji)
Dasco perkirakan kabinet banyak dari kalangan profesional (Beritanasional/Panji)

BeritaNasional.com - Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad memperkirakan kabinet Presiden terpilih 2024 Prabowo Subianto bakal lebih banyak diisi menteri dari kalangan profesional.

Hal itu dia ungkapkan untuk meneruskan pernyataan Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani yang mengatakan Prabowo bakal membentuk Zaken Kabinet.

Meski demikian, Dasco mengaku belum bisa membocorkan siapa saja yang bakal menjadi menteri di era mepemimpinan Prabowo karena masih dalam tahap simulasi.

"Ini juga belum bisa disampaikan ke publik karena masih simulasi. Tapi kalau dari profesional murni itu agak banyak memang yang masuk kelihatannya begitu," ujar Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Sabtu (14/9/2024).

Akan tetapi, dia tak bisa membeberkan secara gamblang lantaran tahapan simulasi tersebut berpotensi berubah sewaktu-waktu sesuai kebutuhan Prabowo.

"Ini susah ngomong karena lagi di simulasikan nanti saya bilang banyak profesional ternyata nanti enggak," tuturnya.

Dasco mengatakan, politikus berlatarbelakang profesional atau ahli turut diperhitungkan masuk dalam kabinet Prabowo pada pemerintahan selanjutnya.

"Oh iya pasti. Karena kalau dia profesional tentunya selain dari partai politik dia harus memahami bidang yang kemudian kementerian yang akan dipimpin," tuturnya.

Ia mengaku sudah ada parpol yang mengusulkan menteri. Saat ini, pihaknya sedang memprofiling dan mensimulasikan. Menurutnya, kabinet Prabowo bakal disampaikan paling cepat H-7 sebelum pelantikan.

"Ya nanti pada waktunya akan disampaikan kembali kepada ketum yang bersangkutan. Ya paling cepat h-7 bisa juga lebih lambat lagi tergantung dinamika pada saat itu," tandasnya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: