Heru Budi Sebut Sistem Jalan Berbayar Hanya Bisa Diterapkan di Sudirman-Thamrin

Oleh: Lydia Fransisca
Rabu, 18 September 2024 | 12:30 WIB
Pj Heru Budi Hartono saat diwawancarai. (BeritaNasional/Lydia)
Pj Heru Budi Hartono saat diwawancarai. (BeritaNasional/Lydia)

BeritaNasional.com - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menilai kebijakan jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP) hanya bisa diterapkan di Sudirman-Thamrin.

Sebab, lanjut Heru, transportasi umum di sana sudah memadai sehingga memungkinkan untuk menerapkan jalan berbayar.

"Ke depan, ERP itu bisa diterapkan di zona-zona yang memang transportasinya sudah cukup lengkap. Contoh tadi Sudirman, Thamrin, ya itu sudah ada MRT, sudah ada Transjakarta, sudah ada moda transportasi yang lain," ujar Heru kepada wartawan pada Rabu (18/9/2024).

Meski demikian, Heru menegaskan ERP tak akan diterapkan dalam waktu dekat. Selain itu, sistem jalan berbayar ini juga diterapkan secara bertahap jika memang terealisasi.

"Mungkin tadi ERP tidak diterapkan untuk sekian titik ya. Bertahap. Tidak seluruhnya di dalam proses. Blueprint transportasi itu diterapkan. Ada jangka waktu tahapan-tahapannya," jelas Heru.

"Itu (ERP) masuk di dalam blueprint transportasi Jakarta. Sudah masuk di situ moda transportasi kalau sudah lengkap. Mulai dari Lebak Bulus sampai Ancol. Di sana MRT sudah lengkap, ada Transjakarta, lantas ada LRT yang sudah nyambung. Mungkin tadi ERP tidak diterapkan untuk sekian titik ya," tandasnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: