Indonesia Siap Kembangkan Avtur Ramah Lingkungan

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 18 September 2024 | 21:30 WIB
Luhut mengatakan Indonesia siap kembangkan avtur ramah lingkungan (Beritanasional/Oke Atmaja)
Luhut mengatakan Indonesia siap kembangkan avtur ramah lingkungan (Beritanasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Pemerintah Indonesia melalui Bali International Airshow (BIAS) 2024 meluncurkan rencana aksi pengembangan avtur ramah lingkungan atau Sustainable Aviation Fuels (SAF).

“Kita menyaksikan peluncuran rencana aksi pembangunan Indonesia untuk bahan bakar efisien yang berkelanjutan, ini bagian dari komitmen Indonesia untuk mencapai emisi nol bersih,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut mengatakan, pemerintah melakukan rapat untuk membentuk peta jalan penerapan SAF dengan menggali sumber daya potensial.

Sumber daya potensial untuk SAF antara lain rumput laut, minyak kelapa, juga ampas beras.

“Iya nanti kita akan lihat, nanti akan kita rapatkan segera untuk membuat peta jalan ini bagaimana. Sekarang kita tidak hanya banyak omong, kita langsung melihat eksekusinya, misalnya seperti tadi bahan yang ramah untuk aviasi,” ujarnya.

Luhut juga meminta Pertamina menjalin kerja sama dengan beberapa maskapai untuk studi lanjutan penggunaan sumber daya potensial.

“Dengan ekonomi kita yang sekarang dilihat sangat menjanjikan dengan hilirisasi, digitalisasi, katalog elektronik. Selain itu sumber mineral kita banyak, maka mereka lihat Indonesia bisa menjadi pusat,” katanya dikutip dari Antara.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: