Hasil Survei LSI: Elektabilitas Ridwan Kamil Nomor Wahid, Paling Tinggi Dibanding Calon Lainnya

Oleh: Lydia Fransisca
Rabu, 18 September 2024 | 17:02 WIB
Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil saat memberikan keterangan. (BeritaNasional/Lydia).
Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil saat memberikan keterangan. (BeritaNasional/Lydia).

BeritaNasional.com - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis survei bertajuk 'Pengaruh Anies di Pilgub Jakarta' pada Rabu (18/9/2024). Survei ini membeberkan kondisi politik Jakarta menjelang Pilgub 2024.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan mengungkapkan, Ridwan Kamil memiliki elektabilitas paling tinggi dibandingkan calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) lainnya dengan angka 44 persen.

Selanjutnya, Rano Karno berada di posisi kedua dengan 16 persen dan diikuti oleh Pramono Anung di urutan ketiga dengan 10,5 persen.

Kemudian, Dharma Pongrekun di urutan keempat dengan 1,5 persen dan Kun Wardana di 0,4 persen. Terakhir, ada Suswono dengan 0,2 persen.

"Kalau kita tanyakan enam nama kandidat baik cagub maupun cawagub, Ridwan Kamil pada posisi 44 persen. Menariknya, posisi kedua bukan Pramono Anung. Di posisi kedua adalah Rano Karno, wakilnya Pramono Anung," kata Djayadi dalam paparannya.

Meski demikian, Djayadi membeberkan bahwa ada 4,8 persen secara gamblang mengaku bakal melakukan golput.

Dengan angka ini, lanjut Djayadi, RK belum dipastikan aman untuk memenangkan Pilgub Jakarta 2024 karena perlu meraih 50 persen untuk satu putaran.

"Ridwan Kamil belum aman menang karena kan di Jakarta diperlukan suara 50 persen lebih untuk memenangkan pertarungan," ucap Djayadi.

Survei ini dilakukan secara tatap muka sejak 6-12 September 2024. Metode survei yang dilakukan adalah eksperimen dengan melibatkan 1.200 orang sebagai responden.

Adapun orang yang menjadi sampel harus berusia minimal 17 tahun dan berasal dari seluruh kota administratif di Jakarta. Lalu, survei ini memiliki margin of error kurang lebih 2,9 persen.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: