Survei LSI: RK Unggul Jauh 53 Persen Dibandingkan 2 Cagub Lain

Oleh: Lydia Fransisca
Rabu, 18 September 2024 | 17:17 WIB
RK unggul jauh 53 persen menurut survei LSI (Beritanasional/Oke Atmaja)
RK unggul jauh 53 persen menurut survei LSI (Beritanasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Ridwan Kamil menjadi calon gubernur Jakarta dengan elektabilitas tertinggi berdasarkan survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dirilis pada Rabu (18/9/2024).

Berdasarkan survei bertajuk 'Pengaruh Anies di Pilgub Jakarta' ini, RK berhasil meraih angka 53,59 persen. Nilai ini unggul jauh dibandingkan calon gubernur lainnya.

Pramono Anung sendiri hanya mendapatkan angka 20,8 persen dan Dharma Pongrekun 3,3 persen. Sisanya, sebesar 5,2 persen golput dan 16,8 menjawab tidak tahu atau rahasia.

"Kalau tiga cagub yang bertarung, maka Ridwan Kamil sudah berada di posisi potensial memenangkan Pilkada Jakarta," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan.

Djayadi menjelaskan, alasan tertinggi memilih satu di antara tiga calon gubernur itu adalah memiliki pengalaman di pemerintahan sebelumnya dengan angka 24,6 persen. Lalu, alasan kedua adalah sudah ada bukti kerja nyata dengan 14,2 persen dan jujur serta bersih dari korupsi di posisi ketiga dengan 12,2 persen.

"Orang yang memilih Ridwan Kamil itu paling banyak alasannya karena pengalaman di pemerintahan. Sedangkan pemilih yang memilih Pramono Anung alasannya paling banyak adalah jujur bersih dari korupsi," jelas Djayadi.

"Sedangkan di kalangan pendukung Dharma Pongrekun mereka mendukung Dharma itu lebih karena dia tegas berwibawa. Saya kira masuk akal karena beliau berasal dari kalangan kepolisian," tambahnya.

Sebagai informasi, survei ini dilakukan secara tatap muka sejak 6-12 September 2024. Metode survei yang dilakukan adalah eksperimen dengan melibatkan 1.200 orang sebagai responden.

Adapun orang yang menjadi sample harus berusia minimal 17 tahun dan berasal dari seluruh kota administratif di Jakarta. Lalu, survei ini memiliki margin of eror kurang lebih 2,9 persen.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: