KPU DKI Sebut Ada 3 Debat Paslon Cagub-Cawagub yang Dimulai 6 Oktober

Oleh: Ahda Bayhaqi
Minggu, 22 September 2024 | 14:10 WIB
Rapat pleno KPU DKI untuk penetapan paslon cagub-cawagub Jakarta. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Rapat pleno KPU DKI untuk penetapan paslon cagub-cawagub Jakarta. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta berencana menggelar tiga debat publik pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang bakal diselenggarakan di televisi (TV). Debat pertama dimulai  pada 6 Oktober 2024.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jakarta Astri Megatari setelah rapat pleno penetapan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Kantor KPU Jakarta pada Minggu (22/9/2024).

‘’Terkait penyelenggaraan debat, rencananya untuk yang pertama kami laksanakan 6 Oktober,’’ ucapnya.

Astri menjelaskan debat akan digelar tiga kali di TV dengan menghadirkan tiga pasangan calon (paslon) sekaligus.

‘’Untuk debat publik, kami menyelenggarakan rapat bersama dengan TV penyelenggara dan ada tiga kali debat. Untuk pelaksanaannya sendiri, seperti kemarin nanti kami mengundang kedua paslon, baik gubernur maupun wakil gubernur,’’ ungkapnya.

Astri melanjutkan, debat Pilgub Jakarta 2024 kali ini berbeda dengan pilpres lalu. Bedanya, cagub-cawagub dihadirkan sekaligus dalam tiga kali debat itu. Jadi, tidak ada debat cawagub seperti saat pilpres.

‘’Jadi, paslon tersebut kami hadirkan berbarengan, bukan seperti pilpres kemarin yang satu-satu, Kalau untuk pilkada, debatnya ini langsung, jadi dua-duanya akan langsung dihadirkan pada saat tiga kali debat itu,’’ jelasnya.

Asti menjelaskan debat paslon akan berlangsung selama 120 menit. Terkait lokasi debat, KPU masih terus berkoordinasi dengan pihak TV.  

‘’Untuk durasi, kemungkinan sekitar 150 menit untuk masing-masing debat dengan pelaksanaan 120 menit dan 30 menit jeda iklan. Untuk lokasi debat, kami masih menunggu tempat-tempat yang akan diajukan oleh TV penyelenggara. Jadi, koordinasi itu masih terus kami lakukan,’’ ucapnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: