Dimulai 25 September, KPU DKI Berkomitmen untuk Laksanakan Kampanye Aman

Oleh: Ahda Bayhaqi
Minggu, 22 September 2024 | 14:00 WIB
Gedung KPU DKI Jakarta. (BeritaNasional/Oke Atmaja).
Gedung KPU DKI Jakarta. (BeritaNasional/Oke Atmaja).

BeritaNasional.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta akan melaksanakan kampanye Pilgub DKI Jakarta dimulai pada tanggal 25 September 2024 hingga 23 November. 

 Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Jakarta Astri Megatari di Kantor KPU DKI Jakarta, Minggu (22/9/2024).

“Pelaksanaan kampanye sendiri dimulai pada tanggal 25 September sampai 23 November 2024,” ujar Astri Megatari.

Astri menuturkan bahwa sebelum kampanye dimulai pihaknya akan melakukan deklarasi damai pada tanggal 24 September 2024. DI mana, deklarasi damai tersebut akan dihadiri oleh pasangan calon.

“Jadi nanti akan dihadiri oleh semua paslon, sama-sama kita berkomitmen untuk melaksanakan kampanye di DKI Jakarta dengan aman dan kondusif,” tegas dia.

Kata Astri masa kampanye bakal ada beberapa metode. Baik yang diakomodir oleh KPUD dan juga yang dilakukan oleh paslon itu sendiri.

“Ada beberapa metode kampanye yang bisa dilakukan oleh para paslon. Antara lain misalnya pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka, kemudian penyebaran bahan kampanye, pemasangan alat peraga kampanye, dan juga debat,” tutur Astri.

“Lalu juga ada kegiatan lain yang tidak melanggar ketentuan perundang-undangan,” imbuhnya.

Kemudian untuk yang diakomodir oleh KPU seperti debat, pemasangan APK dan bahan kampanye.

“Jadi ada beberapa metode kampanye yang bisa dilakukan diantaranya hal tersebut, lalu juga ada beberapa yang sifatnya kami akomodir. Seperti misalnya debat, kemudian juga pemasangan APK, dan bahan kampanye. Yang semuanya itu nanti akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal kondisi masing-masing,” tandasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: