Jus Tomat untuk Kebaikan Tubuh: Jaga Kesehatan Jantung hingga Cegah Kanker

Oleh: Tarmizi Hamdi
Minggu, 22 September 2024 | 23:30 WIB
Jus tomat baik untuk kesehatan jantung. (Foto/Freepik)
Jus tomat baik untuk kesehatan jantung. (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Jus tomat memiliki segudang manfaat kesehatan lainnya seperti menyembuhkan pilek dan flu hingga membantu membangun kekebalan tubuh.

Bukan hanya itu, minum jus tomat setiap hari juga diyakini dapat mencegah kanker, meningkatkan kesehatan jantung, dan mengurangi peradangan.

Sebab, tomat mengandung antioksidan, vitamin dan mineral, jus tomat kaya akan likopen, dan vitamin E yang dapat membantu kesehatan jantung.

Dikutip dari laman kesehatan Healtshots.com, jus tomat mengandung banyak vitamin dan mineral. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari jus tomat:

1. Memenuhi kebutuhan vitamin dan serat Anda

Salah satu manfaat terbesar jus tomat adalah sumber proteinnya yang kaya. Satu cangkir jus tomat memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda dan juga memenuhi sekitar seperempat kebutuhan vitamin A Anda. 

Menurut National Health Institute , satu gelas jus tomat memenuhi 20 persen asupan vitamin A harian yang direkomendasikan; 12-15 persen kalium dan tembaga, serta 5 persen magnesium, besi, mangan, dan fosfor. Ia juga memiliki 12 persen konsumsi pektin harian yang direkomendasikan dan sekitar 8% serat makanan.

2. Kaya karotenoid dan polifenol

Tomat mengandung unsur bioaktif. Ini memiliki fitokimia seperti karotenoid dan polifenol. Karotenoid diubah menjadi vitamin A dalam tubuh kita. 

Ini membantu menjaga penglihatan dan kesehatan jaringan yang baik. Hal ini juga dapat mencegah kanker, kata penelitian ini, yang diterbitkan di Cancers . Karotenoid juga merupakan antioksidan yang membantu mencegah produksi radikal bebas.

3. Kaya akan antioksidan

Antioksidan sangat penting bagi tubuh Anda, dan jus tomat kaya akan antioksidan yang disebut likopen. Satu gelas jus tomat mengandung 22 mg likopen. 

Lycopene membantu melindungi sel dari kerusakan dan mengurangi semua tanda peradangan dalam tubuh, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Current Medicinal Chemistry. 

Sebuah penelitian selama dua bulan, yang diterbitkan di Nutrition, mengamati dampak 1,2 cangkir jus tomat setiap hari pada 30 wanita. 

Terlihat terjadi penurunan protein inflamasi yang disebut Adipokin. Tak hanya itu, para peneliti juga melihat adanya penurunan kolesterol dan ukuran lingkar pinggang.

4. Membantu penyakit jantung

Konsumsi jus tomat secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan jantung . Lycopene dan beta-karoten yang ada dalam jus dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

5. Bisa mencegah penyakit kanker

Minum jus tomat juga dapat membantu mencegah berbagai jenis kanker. Penelitian yang dipublikasikan di Scientific Research menganalisis hasil 24 penelitian dan menyimpulkan bahwa konsumsi tomat dapat mengurangi risiko kanker prostat. 

Ini juga dapat membantu mengatasi kanker kulit, lapor sebuah penelitian pada tikus, yang diterbitkan dalam Scientific Reports . Di sini, tikus diberi makan bubuk tomat selama 35 minggu.

Bagaimana cara membuat jus tomat di rumah?

Anda bisa menyiapkan segelas jus tomat segar di rumah. Yang Anda butuhkan hanyalah tomat segar dan sayuran lainnya untuk menambah rasa. Berikut resep jus tomat sederhana Anda:

Bahan-bahan:

2-3 tomat

Lada hitam

Garam

Es batu

Jahe

Daun mint

Cara membuat:

Buang biji tomat, masukkan ke dalam mixer grinder dan tambahkan air, es batu, garam, lada hitam, jahe dan sedikit daun mint.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: