Bom Incar Rombongan Diplomatik di Pakistan, Kemenlu Pastikan Diplomat RI Selamat

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Selasa, 24 September 2024 | 21:00 WIB
Ilustrasi bom incar rombongan diplomat (Foto/Pixabay)
Ilustrasi bom incar rombongan diplomat (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI memastikan diplomat Indonesia di Pakistan dalam kondisi selamat dan aman. Sebelumnya Rombongan diplomat dikabarkan terkena serangan bom yang mengincar rombongan korps diplomatik pada Minggu (22/9/2024) waktu setempat.

Serangan bom disebut menargetkan iring-iringan korps diplomatik yang akan mengikuti Islamabad Chamber of Commerce and Industry (ICCI) di Lembah Swat, Provinsi Khyber Pakhtunkhwa, Pakistan. Dalam iringan korps diplomatik itu turut serta Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) KBRI Islamabad Rahmat Hindiarta.

Dalam rombongan itu juga ada sejumlah diplomat asing dari Rusia, Bosnia-Herzegovina, Vietnam, Etiopia, Rwanda, Zimbabwe, Uzbekistan, Turkmenistan, Kazakhstan, dan Portugal.

Juru Bicara Kemenlu RI Rolliansyah Sumirat mengatakan, “Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Islamabad Rahmat Hidiarta dan juga seluruh rombongan korps diplomatik dalam keadaan aman dan telah kembali ke Islamabad dengan selamat.”

Dikutip dari VOA, hingga laporan ini disampaikan, belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas insiden yang menewaskan seorang polisi dan melukai tiga polisi lainnya. Seluruh korban ini sempat dilarikan ke rumah sakit. Namun satu korban tewas tak terselamatkan.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: