Ketua DPR: Penambahan Jumlah Komisi di DPR Sedang Dimatangkan

Oleh: Ahda Bayhaqi
Selasa, 24 September 2024 | 16:46 WIB
Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani saat menghadiri Sidang Tahunan MPR 2024. (BeritaNasional/Elvis)
Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani saat menghadiri Sidang Tahunan MPR 2024. (BeritaNasional/Elvis)

BeritaNasional.com -  Ketua DPR RI Puan Maharani mengungkapkan bahwa DPR tengah mematangkan rencana penambahan jumlah komisi untuk periode 2024-2029.

  Ini disebabkan oleh kemungkinan penambahan jumlah kementerian di era Presiden Prabowo Subianto setelah revisi UU Kementerian Negara.

"Ini lagi dimatangkan. Dengan adanya rencana penambahan kementerian, sepertinya ada kemungkinan untuk menambah komisi guna memperkuat kemitraan antara pemerintah dan legislatif," ujar Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (24/9/2024).

Ketua DPP PDIP ini memastikan penambahan jumlah komisi akan dilakukan jika Prabowo menambah jumlah kementerian. Ia menegaskan langkah ini bertujuan untuk memperkuat kemitraan DPR dengan pemerintah.

"Jadi, akan ada kemungkinan juga penambahan komisi jika memang ada penambahan kementerian. Kami sedang menggodok ini dan sesuai mekanismenya, kami akan melaksanakan sesuai dengan prosedur yang berlaku," ujarnya.

Puan memastikan bahwa penambahan jumlah komisi bukan berarti akan menjadi bagi-bagi jabatan bagi seluruh fraksi di DPR. Ia menjamin DPR akan menambah komisi sesuai dengan mekanisme yang ada.

"Ya, makanya nanti akan kita lakukan sesuai dengan mekanisme dan kita bicarakan melalui musyawarah dan mufakat," katanya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: