Jokowi Ungkap Bandara IKN Rampung Total Bulan Desember 2024

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Rabu, 25 September 2024 | 12:17 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pendaratan perdana di Bandara Nusantara. (Foto/BPMI).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pendaratan perdana di Bandara Nusantara. (Foto/BPMI).

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur semakin terus berkembang. Salah satunya adalah Bandara Nusantara yang nantinya bisa menampung pesawat berbadan lebar untuk mendarat.

Menurut Jokowi, bandara tersebut telah berhasil melakukan pendaratan pertama, dan seluruh fasilitas bandara diharapkan selesai pada akhir Desember 2024. 

"Saya landing di Nusantara Airport, begitu turun ya runwaynya mulus, semuanya lancar. Tapi selesainya nanti masih akhir Desember akan selesai semuanya," ujar Jokowi saat meresmikan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan Teras Hutan Ibu Kota Nusantara, Rabu (25/9/2024).

Jokowi berkata, saat ini panjang runway Bandara Nusantara sudah mencapai 3.000, sehingga pesawat berbadan besar nantinya bisa turun mendarat di sana.

“Kita harapkan semakin banyak traffic, semakin banyak lalu lintas menuju dan ke Ibu Kota Nusantara ini akan memberikan ekosistem keramaian yang bagus pada ibu kota yang kita cintai ini," harap Jokowi.

Sebelumnya diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pendaratan perdana di Bandara Nusantara, kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur, Selasa (24/9/2024).

Dengan menggunakan pesawat Kepresidenan RJ-85 pada Jokowi mendarat sekitar pukul 16.15 WITA. Kedatangan pesawat tersebut disambut dengan prosesi water salute yang menandai momen bersejarah dalam operasional bandara tersebut.

Setelah pendaratan, Presiden Jokowi meninjau sejumlah fasilitas bandara untuk memastikan kelayakan serta persiapan lebih lanjut. Dalam keterangannya kepada awak media, Presiden Jokowi menyampaikan rasa syukurnya atas suksesnya pendaratan perdana tersebut.

“Alhamdulillah ini landing yang pertama, yang semuanya berjalan dengan baik alhamdulillah, semuanya berjalan dengan lancar. Dan ini adalah pertama kali saya turun di Bandara Nusantara (Nusantara Airport),” ujar Jokowi usai peninjauan.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: