Eks Penyidik Minta Pansel KPK Coret Kandidat Bermasalah

Oleh: Panji Septo R
Kamis, 26 September 2024 | 15:00 WIB
Eks penyidik minta Pansel KPK coret kandidat bermasalah (Beritanasional/Panji)
Eks penyidik minta Pansel KPK coret kandidat bermasalah (Beritanasional/Panji)

BeritaNasional.com - Mantan Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Yudi Purnomo meyakini panitia seleksi calon pimpinan dan dewan pengawas lembaga antirasuah bakal memilih kandidat terbaik.

Oleh sebab itu, dia meminta pansel mencoret nama orang-orang bermasalah agar KPK menjadi lembaga yang lebih baik pada periode 2024-2024.

“Jika ada indikasi rekam jejak bermasalah dan ada dugaan titipan segera dicoret saja,” ujar Yudi kepada Beritanasional.com, Kamis (26/9/2024).

Ia yakin pansel capim dan dewas KPK bisa membawa nama lembaga antirasuah kembali bersih dengan memerhatikan rekam jejak kandidat.

“Saya yakin pansel tidak milih hanya karena terbaik dari sisi akademis, karakter ataupun administratif namun juga rekam jejak,” tuturnya.

Ia mengingatkan bahwa pansel tidak hanya memilih pimpinan lembaga negara namun juga pemimpin pergerakan pemberantasan korupsi.

“Ini penting untuk meningkatkan kepercayaan publik kepada KPK dan semangat pemberantasan korupsi. Apalagi nilai Indeks Persepsi korupsi Indonesia tahun 2023 hanya 34 dari 100,” kata dia.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: