Komeng: Dapil dan Kepala Daerah Harus Bertemu Minimal Setahun Sekali

Oleh: Panji Septo R
Jumat, 27 September 2024 | 09:00 WIB
Komedian dan anggota DPD terpilih, Alfiansyah alias Komeng. (BeritaNasional/Instagram)
Komedian dan anggota DPD terpilih, Alfiansyah alias Komeng. (BeritaNasional/Instagram)

BeritaNasional.com -  Pelawak Alfiansyah Bustami, alias Komeng, memberikan saran serius terkait pentingnya pertemuan antara anggota Dewan Perwakilan Daerah Pemilihan (Dapil) dan kepala daerah dalam sebuah rapat.

Dalam video yang viral di media sosial, Komeng menyarankan agar pertemuan antara anggota Dapil dan kepala daerah dilakukan minimal satu kali dalam setahun.

“Saya bisa menerima kalau ada pertemuan antara Dapil paling nggak setahun sekali dengan kepala daerah, sama seperti bertemu dengan kepala negara,” ujar Komeng, dikutip Kamis (26/9/2024).

Selain itu, ia juga mengusulkan agar Badan Perwakilan Desa (BPD) dilibatkan dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Kalau siap, seharusnya BPD dapil juga ikut serta dalam perancangan APBD. Mungkin itu saja," tuturnya.

Ia mengaku sering mendengar bahwa BPD tidak punya kekuatan untuk berkontribusi. Oleh sebab itu, ia ingin BPD dilibatkan lebih aktif.

"Saya orang baru, dari dulu hanya mendengar BPD gak punya gigi. Ini gimana mau menggigit kalau ompong?" kata dia.

"Saya juga (sempat) tersinggung, katanya di sini orang-orang daripada nganggur akhirnya masuk DPD. Makanya supaya DPD ini kuat, jangan dibicarakan caranya melulu tapi kapan bergeraknya," tandas Komeng.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: