RK Bakal Evaluasi Sistem Sekolah agar Tak Beratkan Siswa

Oleh: Lydia Fransisca
Sabtu, 28 September 2024 | 17:00 WIB
RK bakal evaluasi sistem sekolah (Beritanasional/Oke Atmaja)
RK bakal evaluasi sistem sekolah (Beritanasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Calon Gubernur Jakarta Nomor Urut 1 Ridwan Kamil (RK) akan mengkaji sistem sekolah di seluruh Jakarta usai memenangkan Pilgub 2024. Hal ini dilakukan RK alias Kang Emil agar pelajar di Jakarta tak dibebankan dan menjadi stres.

"Kalau dirasa sekolah sekarang bikin bebannya berat dan stres, saya akan evaluasi, itu janji saya ya, saya akan evaluasi apanya yang bikin berat," kata Ridwan Kamil dalam acara Kongkow Pelajar di DPD Partai Golkar DKI Jakarta, Sabtu (28/9/2024).

Kang Emil berujar, kajian ini akan dilakukan dengan mengecek hal mana yang membuat pelajar merasa terbebankan. Misalnya, mengecek apakah para siswa memiliki banyak PR atau jarak rumahnya dengan sekolah sangat jauh.

"Kebanyakan PR kah, atau jarak rumah kejauhan, atau ada bully dan sebagainya. Nanti saya ada aplikasi, digital betul, ada aplikasi untuk pelaporan yang perundungan, bully. Saya sudah pernah bikin namanya Stopper," ujar RK.

"Kamu harus jujur kan, di sekolah suka ada pembully-pembully kan, ada yang verbal, ada yang fisikal, ada yang pakai media digital, dan lain-lain. Jadi itu, kalau yang beban sekolah saya akan audit, kalau sifatnya perundungan, saya ada aplikasi," lanjutnya.

Sebelumnya, RK telah mengungkapkan akan membuat aplikasi khusus untuk menerima aduan perundungan.

RK mengatakan, aplikasi tersebut sebelumnya sudah ia buat di Jawa Barat. Nantinya, ia hanya akan mengganti nama aplikasi tersebut untuk di Jakarta.

"Ada hal yang saya banggakan sebagai gubernur (Jawa Barat) ada program bisa melaporkan via apps yang melaporkan itu bisa korban pembullyan, bisa teman yang jadi saksi," kata RK kepada wartawan di Jakarta Pusat, dikutip Sabtu (14/9/2024).sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: