Profil Atalia Praratya Istri dari Ridwan Kamil yang Baru Dilantik Jadi Anggota DPR

Oleh: Tim Redaksi
Selasa, 01 Oktober 2024 | 18:45 WIB
Atalia Praratya dilantik jadi anggota DPR. (BeritaNasional/Lydia).
Atalia Praratya dilantik jadi anggota DPR. (BeritaNasional/Lydia).

BeritaNasional.com - Atalia Praratya sudah resmi menjadi anggota DPR usai menjalani pelantikan pada hari ini, Selasa (1/10/2024) di Gedung DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. 

Istri dari Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil ini berhasil lolos ke Senayan, dengan meraih suara paling tinggi di Daerah Pemilihan  (Dapil) Jawa Barat I. Atalia berhasil mendapatkan 82.804 suara di daerah tersebut atau sekitar 54,02 persen.

Atalia yang dikenal sebagai Bu Cinta ini berhasil unggul dari beberapa nama beken di Dapil Jawa Barat 1. Misalnya, Melly Goeslaw, Giring Ganesha, Muhammad Farhan dan Nico Siahaan.

Berikut profil Atalia Praratya

Atalia Praratya lahir pada 20 November 1973 di Bandung, Jawa Barat. Atalia lulus dari SMA Negeri 5 Bandung. Kemudian, ia melanjutkan kuliah di program studi D-3 PAAP (sekarang Perpajakan) di Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran dan S-1 untuk program studi Hubungan Internasional di Universitas Katolik Parahyangan. 

Atalia melanjutkan studi ke jenjang magister pada program studi Ilmu Komunikasi di Universitas Pasundan dan menuntaskan pendidikan doktornya pada program studi yang sama di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran.

Atalia adalah Komisaris PT Urbane Indonesia sejak 2013, dosen tetap di Universitas Widyatama sejak 2020, pendiri Jabar Bergerak, serta ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat.

Atalia memulai karirnya dengan aktif di berbagai kegiatan sosial terutama saat mendampingi suaminya, Ridwan Kamil, yang menjabat sebagai Wali Kota Bandung dan Gubernur Jawa Barat. Ia dikenal karena keterlibatannya dalam berbagai program pemberdayaan masyarakat, terutama melalui inisiatif Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita (Sekoper Cinta), yang berfokus pada pemberdayaan perempuan di Jawa Barat.

Pada tahun 2023, Atalia terjun ke dunia politik dan mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dari Partai Golkar. Ia terpilih menjadi anggota DPR RI periode 2024-2029 dari daerah pemilihan Jawa Barat I, yang mencakup Kota Bandung dan Cimahi. 

Setelah terpilih menjadi anggota DPR RI, Atalia menyatakan keinginannya untuk dapat duduk di Komisi VIII DPR yang membidangi sosial. 

"Mohon doanya. harapannya saya di Komisi 8 karena bidang sosial, kebencanaan, perempuan, dan anak. Itu adalah hati saya," ujar Atalia.

"Mohon doanya saja, dan menunjukan semangat kita ke depan yang penuh cerah ceria," tutupnya.

(Nailil Hikmah/Magang).sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: