Kubu Pramono-Rano Pede Menang Pilgub Jakarta Satu Putaran, Ini Alasannya

Oleh: Ahda Bayhaqi
Kamis, 03 Oktober 2024 | 08:40 WIB
Paslon Pilgub Jakarta Pramono Anung-Rano Karno saat penetapan nomor urut di KPU. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Paslon Pilgub Jakarta Pramono Anung-Rano Karno saat penetapan nomor urut di KPU. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Tim Sukses Pasangan Calon Gubernur Jakarta Nomor Urut 3 Pramono Anung dan Rano Karno percaya diri (pede) bisa menang satu putaran di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024 setelah melihat hasil survei elektabilitas masing-masing pasangan calon.

"Terkait dengan survei yang dilakukan Poltracking, lembaga yang dipimpin Hanta Yudha, kami melihat ada kesamaan dan tren yang menggembirakan, yaitu tren kenaikan elektabilitas dari pasangan Mas Pram dan Bang Doel," ujar Juru Bicara Timses Pramono-Rano Chico Hakim kepada wartawan, Kamis (3/10/2024).

Hasil survei yang beredar sesuai harapan dan proyeksi kubu Pramono-Rano karena terus ada tren kenaikan.

"Kami melihat bahwa survei Poltracking digelar pada 9-15 September. Ini tentu berbeda dengan survei LSI yang digelar 6-12 September. Artinya, survei yang digelar Poltracking setelah survei LSI yang kemudian ada kenaikan tren di situ," kata Chico.

Membandingkan hasil survei LSI dan Poltracking terlihat ada kenaikan elektabilitas dari 28 persen menjadi 31,5 persen. Hal ini menjadi tren positif karena tingkat pengenalan Pramono sebagai calon gubernur masih di bawah 50 persen. Namun, tingkat kesukaan masyarakat cukup tinggi.

"Hal ini berbeda dengan Ridwan Kamil yang sudah dikenal oleh 95 persen hingga hampir 100 persen warga Jakarta. Namun, tingkat kesukaannya tidak setinggi atau jauh dari tingkat pengenalan yang bersangkutan," kata Chico.

Dia yakin tren elektabilitas Pramono terus meningkat. Sementara itu, timsesnya terus berusaha maksimal memperkenalkan Pramono ke seluruh masyarakat Jakarta.

"Kalau Wakil Gubernurnya, yakni Bang Rano Karno, PR-nya adalah meningkatkan kesukaan masyarakat dan tingkat keterpilihan," ujarnya.

Chico menuturkan tingkat pengenalan Rano di masyarakat sudah cukup tinggi. Sebab, Rano sudah dikenal sebagai Bang Doel di film dan sinetron Si Doel Anak Betawi.

"Temuan ini juga memperlihatkan ada tren kenaikan dari sejak survei awal LSI, kemudian ke survei Poltracking. Perlu diketahui bahwa dua survei ini bukanlah survei dari internal kami," katanya. 

Chico mengatakan, dalam waktu dekat ini, Timses Pramono-Rano memublikasikan hasil survei internal. 

Chico meyakini hasil survei internal akan sama menunjukkan tren elektabilitas Pramono-Rano naik.

"Nanti, kami menutup gap angka elektabilitas Kang Emil dengan Mas Pram-Bang Doel di ujung masa kampanye ini. Semoga saja kemenangan satu putaran dari pasangan Mas Pram dan Bang Doel bisa terwujud," tandasnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: