Ridwan Kamil Bakal Beli Banyak Lahan di Kampung Kumuh untuk Disulap Jadi RTH

Oleh: Lydia Fransisca
Kamis, 03 Oktober 2024 | 09:20 WIB
Cagub Jakarta Ridwan Kamil saat kegiatan senam beberapa waktu lalu. (BeritaNasional/Elvis)
Cagub Jakarta Ridwan Kamil saat kegiatan senam beberapa waktu lalu. (BeritaNasional/Elvis)

BeritaNasional.com - Pasangan calon (paslon) nomor urut 1 Pilgub Jakarta Ridwan Kamil-Suswono berkeliling kawasan Barito, Jakarta Selatan, Rabu (2/10/2024) malam. Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera turut mendampingi paslon tersebut.

Dalam kesempatan itu, Ridwan Kamil mengaku menerima saran dari ibu-ibu untuk membangun ruang terbuka hijau (RTH) lebih banyak. Sebab, RTH bisa menjadi tempat bermain bagi anak-anak.

"Ibu-ibu mintanya sama, pengin ada ruang terbuka buat anak-anaknya. Nah, jadi pasangan Ridwan Kamil-Suswono (Rido) sudah pasti, seperti track record saya, akan memperbanyak ruang terbuka publik," kata Ridwan Kamil kepada wartawan.

Eks gubernur Jawa Barat itu mengungkapkan dirinya bakal membeli rumah untuk dibongkar agar bisa dibangun menjadi RTH di permukiman padat penduduk.

"Bahkan, di kampung-kampung kumuh yang tidak ada lahan kami nanti anggarkan, belikan rumah, rumahnya dibongkar, kemudian kami jadikan ruang terbuka publik," ujar Ridwan Kamil.

Bukan hanya itu, Ridwan Kamil berencana membangun RTH di atas atap bangunan. Hal ini dicontohkan saat tinggal di Hongkong.

"Perbanyak ruang-ruang terbuka hijau yang inovatif. Malah tidak melulu harus di tanah. Ruang terbuka itu tidak harus berbasis tanah, tapi bisa di atap bangunan. Dulu saya pernah tinggal di Hongkong, itu ruang terbukanya tuh di atas pasar. Tapi, disulap menjadi taman seperti di tanah," ungkap Ridwan Kamil.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: