Teknis Debat Pertama Pilgub Jakarta: Cagub-Cawagub Beradu dalam 6 Segmen

Oleh: Lydia Fransisca
Kamis, 03 Oktober 2024 | 20:05 WIB
Pasangan cagub-cawagub Jakarta saat penetapan nomor urut di KPU Jakarta. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Pasangan cagub-cawagub Jakarta saat penetapan nomor urut di KPU Jakarta. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menjelaskan teknis debat perdana Pilgub Jakarta 2024 yang digelar pada Minggu (6/10/2024).

Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU DKI Jakarta Astri Megatari mengatakan debat berlangsung selama 150 menit dan terdiri atas enam segmen.

"Debat perdana pada 6 Oktober akan diselenggarakan di JIExpo Kemayoran mulai pukul 19.00. Debat ini berlangsung selama 150 menit. Jadi, dari 19.00 sampai jam 21.30," kata Astri kepada wartawan di Kantor KPU DKI Jakarta, Kamis (3/10/2024).

Astri memerinci segmen pertama adalah pemaparan visi-misi yang akan dimulai oleh pasangan calon (paslon) nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono, diikuti paslon nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana, dan paslon nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno.

Lalu, segmen kedua dan segmen ketiga menjawab pertanyaan dari panelis. Kemudian, segmen empat dan lima adalah tanya jawab antarpaslon. Terakhir, segmen enam adalah closing statement.

"Debat ini akan langsung dihadiri oleh calon gubernur dan calon wakil gubernur. Keduanya akan hadir dan akan ada porsinya sendiri, baik untuk calon gubernur dan calon wakil gubernur," ujar Astri.

Karena debat akan dihadiri calon gubernur dan calon wakil gubernur, mereka diberi waktu tersendiri untuk memaparkan visi-misi atau menjawab pertanyaan yang diberikan.

"Jadi, nanti di pembagian segmentasinya ada porsi khusus calon gubernur, porsi khusus calon wakil gubernur. Nanti juga ada di segmentasi di mana baik calon gubernur atau calon wakil gubernur ini bisa saling menimpali atau menjawab pertanyaan," tegas Astri.

"Jadi, untuk menjawab (waktunya) dua menit, kalau untuk menanggapi satu menit. Jadi, nanti di segmen dua itu kan ada giliran paslon menjawab pertanyaan panelis, kemudian paslon lain bisa menanggapi. Nah, paslon lain yang menanggapi waktunya satu menit," tambahnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: