Satpol PP Ajak Generasi Muda Tingkatkan Ketertiban Umum dan Patuhi Perda

Oleh: Tarmizi Hamdi
Jumat, 04 Oktober 2024 | 01:33 WIB
Satpol PP hadir dalam pergelaran JID Expo 2024. (Foto/Satpol PP DKI)
Satpol PP hadir dalam pergelaran JID Expo 2024. (Foto/Satpol PP DKI)

BeritaNasional.com - Selama pergelaran tersebut, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta menyosialisasikan beberapa program inovatif untuk meningkatkan ketertiban umum dan kesadaran masyarakat terhadap peraturan daerah (perda).

Hal tersebut dilakukan dalam pergelaran Jakarta Innovation Days (JID) Expo 2024 di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, pada 1-4 September 2024.

Kepala Pusdatin Satpol PP DKI Jakarta Adi Krisna Prayoga menuturkan ada beberapa inovasi unggulan yang diusung pada JID kali ini. 

Salah satunya adalah program Satpol PP Goes to School dan Prabu Jakarta (Pelajar Duta Trantibum) yang berjalan sejak 2023.

“Program ini bertujuan meningkatkan kesadaran generasi muda akan pentingnya menjaga ketertiban umum dan mematuhi Perda,” ujarnya pada Kamis (3/10/2024).

Adi menjelaskan inovasi menarik lainnya adalah Kartu Kuning yang mulai diterapkan sejak 2023. 

Kartu ini diberikan kepada masyarakat yang melanggar Perda sebagai bentuk teguran tertulis sekaligus edukasi.

“Di kartu kuning ini, ada pasal-pasal Perda yang dilanggar dan sanksinya. Jadi, kita berikan teguran sekaligus edukasi kepada masyarakat. Melalui Kartu Kuning, diharapkan masyarakat lebih memahami aturan yang berlaku dan menjadi lebih tertib,” ungkapnya.

Satpol PP juga memperkenalkan Masyarakat Peduli Trantibum (MPT), sebuah program relawan yang telah dicanangkan sejak tahun 2003. 

MPT terdiri dari masyarakat kelurahan yang direkrut sebagai mitra Satpol PP di tingkat kelurahan untuk membantu dalam menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan.

Inovasi lainnya adalah pengoperasian Unit Reaksi Cepat (URC) Satpol PP yang menggunakan sepeda motor. Adi menjelaskan, URC bertugas untuk menindaklanjuti laporan masyarakat dengan lebih cepat, terutama di tengah kondisi lalu lintas Jakarta yang sering macet.

“Dengan motor, mereka bisa menjangkau titik-titik lebih luas dan cepat. Personel URC ini juga memberikan edukasi lisan dan menindak pelanggar Perda di lapangan,” ucap Adi.

Satpol PP turut mengundang sekolah-sekolah yang tergabung dalam program Prabu Jakarta untuk hadir di acara ini. 

Prabu Jakarta berkeliling venue Balai Sudirman mengajak pengunjung untuk melihat langsung inovasi-inovasi yang dipamerkan di booth Satpol PP.

 sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: