Profil Rusdi Kirana, Bos Lion Air yang Kini Jadi Pimpinan MPR RI

Oleh: Tim Redaksi
Jumat, 04 Oktober 2024 | 18:01 WIB
Wakil Ketua MPR RI Rusdi Kirana. (Foto/PKB).
Wakil Ketua MPR RI Rusdi Kirana. (Foto/PKB).

BeritaNasional.com - Rusdi Kirana kini menjabat sebagai Wakil Ketua MPR RI periode 2024-2029. Hal ini usai dia dilantik menjadi Wakil Ketua MPR pada hari Kamis (3/9/2024) kemarin di gedung Parlemen, Senayan, Jakarta. Lalu siapa sih Rusdi Kirana?

Rusdi Kirana adalah seorang pengusaha Indonesia yang dikenal sebagai pendiri dan CEO dari Lion Air, salah satu maskapai penerbangan terbesar di Indonesia. Lahir pada 20 Maret 1967, Kirana memulai karirnya di sektor penerbangan pada tahun 1999, ketika Lion Air didirikan.

Di bawah kepemimpinannya, Lion Air berkembang pesat dan dikenal karena tarif yang kompetitif dan jaringan penerbangan yang luas. Selain bisnis penerbangan, Kirana juga terlibat dalam berbagai sektor lain, termasuk properti dan transportasi. Ia dihargai sebagai salah satu tokoh penting dalam industri penerbangan Indonesia, berkontribusi pada pertumbuhan dan modernisasi sektor tersebut. 

Rusdi Kirana juga dikenal karena pendekatannya yang pragmatis dalam bisnis dan kemampuannya untuk mengatasi tantangan dalam industri penerbangan yang sangat kompetitif.

Selain Lion Air, Rusdi juga terlibat dalam berbagai sektor lainnya, termasuk hotel dan properti. Ia dikenal sebagai sosok yang visioner dan mampu memanfaatkan peluang di industri yang berkembang.

Keterlibatannya dalam organisasi dan komunitas bisnis juga signifikan, di mana ia sering berbagi pengalaman dan pengetahuannya dengan para pengusaha muda. Dengan berbagai pencapaian tersebut, Rusdi Kirana menjadi salah satu tokoh penting dalam dunia bisnis Indonesia

Selain sukses di dunia bisnis, Rusdi juga terjun ke dunia politik dan diplomasi. Ia pernah menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Malaysia dan kini menjadi salah satu pimpinan MPR. 

Pada Pemilu 2024, Rusdi Kirana maju sebagai calon anggota DPR di Dapil Jatim VIII. Dia meraih 121.080 suara pada Pileg 2024 dan membawanya 'terbang' ke Senayan.

Rusdi kemudian dipercaya oleh PKB untuk menduduki kursi Wakil Ketua MPR. Usai dilantik, Rusdi mengatakan dirinya ingin memperjuangkan nasib UMKM yang menurutnya saat ini menghadapi tantangan berat.

(Novita Dwiyanti/Magang)sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: