Publik Yakin Prabowo Jadikan Indonesia Lebih Baik

Oleh: Sri Utami Setia Ningrum
Jumat, 04 Oktober 2024 | 17:15 WIB
Ilustrasi Kabinet Prabowo-Gibran (Beritanasional/Elvis)
Ilustrasi Kabinet Prabowo-Gibran (Beritanasional/Elvis)

BeritaNasional.com -Publik meyakini presiden terpilih Prabowo Subianto mampu membawa perubahan dan memimpin Indonesia. Survei Indikator Politik memotret 83,4% publik yakin yakin Prabowo mampu membawa keadaan menjadi lebih baik dari berbagai aspek. Peneliti utama Indikator Burhanuddin Muhtadi mengatakan dalam survei yang dilakukan pada Juli-September 2024 tingkat keyakinan tersebut cenderung meningkat atau lebih dari 70% warga cukup/sangat yakin Prabowo Subianto mampu memimpin Indonesia ke depan menjadi lebih baik dari sekarang. 

"Kepemimpinan nasional tidak lama lagi akan beralih dari Jokowi ke Presiden terpilih Prabowo Subianto. Sejumlah persoalan mendesak menurut warga terutama masih di sektor perekonomian, mengendalikan harga kebutuhan pokok, penyediaan lapangan kerja dan kemiskinan. Lebih dari 60% warga menitikberatkan pada tiga persoalan tersebut," ujarnya. 

Dalam survei yang dirilis, Jumat (4/10/2024) juga menunjukan keyakinan publik terhadap kepemimpinan Prabowo Subianto berdasarkan basis politik juga meningkat di antaranya PKB 83,9%, partai Gerindra 94,4%, PDIP 81,0%, partai Golkar 84,0%, partai NasDem 78,6%, partai Buruh 92,5% dan partai Gelora 100,%. 

"Ini modal penting bagi Prabowo yang akan memimpin pemerintahan ke depan. Efek partisan yang berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan kinerja Jokowi,tampak juga masih terjadi pada tingkat keyakinan terhadap kepemimpinan Prabowo,tapi cenderung lebih rendah. Oleh karena itu kemampuan Prabowo dalam menjaga stabilitas politik juga akan diuji," paparnya.

Sementara itu terkait dengan berbagai permasalahan mendesak yang diharapkan publik untuk bisa segera diselesaikan oleh pemerintahan yang baru di antaranya, mengendalikan harga kebutuhan pokok 29,7%, menyediakan lapangan pekerjaan 19,3%, mengurangi kemiskinan 12,7% dan pemberantasan korupsi 10,1% serta memajukan sektor pertanian 5,7%.  
 
"Isu-isu tersebut belum tentu merupakan akar persoalan yang dihadapi warga, oleh karena
itu Kepemimpinan ke depan harus mampu mencermati apa saja yang menjadi akar
persoalan sehingga peningkatan taraf hidup masyarakat bisa meningkat," tukasnya. 

Burhanuddin menyampaikan sentimen positif terhadap partai Gerindra saat ini paling besar 24.2%. Kemudian PDIP 15.6%, Golkar 11.4%, PKB 8%, PKS 7.7%, Demokrat 5.2%, NasDem 4.4%, PAN 4.3% dan PPP 2%. Sementara partai lainnya kurang dari 2%, dan sekitar 14.2% tidak bisa menunjukkan pilihannya.

 sinpo

Editor: Sri Utami Setia Ningrum
Komentar: