Kapolri Beri Tanda Kehormatan Bintang Bhayangkara Utama kepada Panglima dan 3 Kepala Staf

Oleh: Bachtiarudin Alam
Jumat, 04 Oktober 2024 | 19:10 WIB
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo saat menyematkan penganugerahan Bintang Bhayangkara Utama 2024. (BeritaNasional/Humas Polri)
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo saat menyematkan penganugerahan Bintang Bhayangkara Utama 2024. (BeritaNasional/Humas Polri)

BeritaNasional.com - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo telah menyematkan penganugerahan Bintang Bhayangkara Utama 2024 kepada Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto beserta tiga kepala staf TNI masing-masing angkatan.

Penyerahan ini turut diberikan kepada Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, dan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Mohammad Tonny Harjono.

Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia Irjen Pol Dedi Prasetyo menyampaikan pemberian tanda kehormatan ini merupakan wujud dari komitmen kokohnya sinergisitas TNI-Polri selama ini.

“Sinergisitas antara TNI dan Polri dalam melaksanakan tugas-tugas yang selama ini Alhamdulillah sudah sangat baik dan terus akan ditingkatkan,” kata Dedi di Rupatama Mabes Polri pada Jumat (4/10/2024).

Tidak lupa, lanjut Dedi, Kapolri juga mengucapkan rasa terima kasih kepada Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan atas sinergitas yang terbangun selama ini mulai dari setiap tingkatan struktur.

“Sinergisitas ini dibangun dalam rangka terus menjaga keamanan, ketertiban, dan keberlanjutan pembangunan untuk menuju Indonesia maju,” ujarnya.

Upacara penganugerahan ini dimulai sekitar pukul 16.00 WIB dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan Keputusan Presiden RI.

Penghargaan Bintang Bhayangkara Utama adalah tanda kehormatan yang diberikan oleh pemerintah Indonesia untuk menghormati jasa seseorang memajukan dan mengembangkan Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Tahun ini, Presiden RI Terpilih Prabowo Subianto juga menerima penghargaan Bintang Bhayangkara Utama.

Dalam Peraturan Kapolri Nomor 4 Tahun 2012 disebutkan, terdapat tiga tanda kehormatan Bintang Bhayangkara, yakni Bintang Bhayangkara Utama, Bintang Bhayangkara Pratama, dan Bintang Bhayangkara Nararya. 

Bintang Bhayangkara Utama kelas tertinggi, disusul Bhayangkara Pratama dan Bhayangkara Nararya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: