Di HUT TNI, Jokowi Apresiasi Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan

Oleh: Ahda Bayhaqi
Sabtu, 05 Oktober 2024 | 09:06 WIB
Presiden Jokowi (kanan) saat berpidato di HUT TNI di Silang Monas. (Foto/tangkapan layar YT Setpres)
Presiden Jokowi (kanan) saat berpidato di HUT TNI di Silang Monas. (Foto/tangkapan layar YT Setpres)

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan apresiasi kepada Prabowo Subianto sebagai menteri pertahanan selama lima tahun belakangan. 

Hal itu disampaikan dalam pidato HUT Ke-79 TNI di kawasan Monas, Jakarta, Sabtu (5/9/2024).

"Secara khusus saya ingin menyampaikan terima kasih kepada menteri pertahanan Bapak Jenderal TNI Purnawirawan Prabowo Subianto sekaligus sebagai presiden terpilih," ujar Jokowi.

Menurut kepala negara ini, Prabowo selama lima tahun sebagai menteri pertahanan telah meningkatkan kekuatan pertahanan Indonesia.

Dengan memodernisasi alutsista, mendorong industri pertahanan dalam negeri, hingga memperkuat diplomasi luar negeri.

"Yang telah meningkatkan kekuatan pertahanan Indonesia dalam menghadapi berbagai tantangan dengan memodernisasi alutsista mendorong industri pertahanan dalam negeri memperkuat diplomasi pertahanan di kancah global dan masih banyak lagi," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan tantangan ke depan semakin tidak mudah karena ada ancaman siber, tensi geopolitik yang semakin memanas. Serta terjadinya perang ekonomi dan perang dagang.

"Karena tantangan ke depan tidak semakin mudah, iptek berkembang semakin cepat ancaman siber semakin berbahaya tensi geopolitik semakin memanas, belum lagi perang yang tidak hanya konvensional tapi juga perang ekonomi dan perang dagang. Itu semua harus disikapi dengan kesiapsiagaan dan kewaspadaan," kata Jokowi.

Dalam acara HUT ke-79 TNI, Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir sebagai inspektur upacara yang didampingi Panglima Jenderal TNI Agus Subianto bersama Tiga Kepala Staf masing-masing matra.

Sementara itu, tamu undangan lain juga turut hadir, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Presiden Terpilih selaku Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Beserta jajaran Menteri diantaranya; Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Mensesneg Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, hingga Anggota DPR RI Titiek Soeharto.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: