Jokowi Sampaikan Pesan Penting untuk Prajurit TNI di Momen HUT TNI 2024

Oleh: Ahda Bayhaqi
Sabtu, 05 Oktober 2024 | 10:05 WIB
Prajurit TNI melakukan gladi bersih upacara menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 TNI di kawasan Monas, Jakarta. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Prajurit TNI melakukan gladi bersih upacara menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 TNI di kawasan Monas, Jakarta. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan kepada TNI agar terus memperbaiki diri dan beradaptasi terhadap perkembangan zaman dengan meningkatkan kapasitas dan profesionalitas prajurit.

Hal ini dikatakannya saat berpidato pada HUT Ke-79 TNI di kawasan Monas, Jakarta, Sabtu (5/9/2024).

‘’TNI harus terus memperbaiki diri, terus mengikuti perkembangan jaman, terus beradaptasi dengan perubahan yang ada termasuk meningkatkan kapasitas dan profesionalitas,’’ ungkapnya saat berpidato di hadapan para prajurit TNI dan pejabat negara di Silang Monas, Jakarta, Sabtu (5/10/2024).

Jokowi juga mendorong TNI untuk bekerja sama dan berkolaborasi dengan berbagai pihak.

Di antaranya, institusi penegak hukum, perguruan tinggi, dan pelaku industri untuk pertahanan dalam negeri.

‘’TNI tidak bisa bekerja sendirian, kolaborasi, kerja sama dengan berbagai pihak sangat penting baik dengan institusi penegak hukum untuk menjaga stabilitas. Dengan perguruan tinggi untuk hal yang terkait iptek maupun pelaku industri untuk pengembangan industri pertahanan dalam negeri,’’ tandasnya.

Dalam acara HUT ke-79 TNI, Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir sebagai inspektur upacara yang didampingi Panglima Jenderal TNI Agus Subianto bersama Tiga Kepala Staf masing-masing matra.

Sementara itu, tamu undangan lain juga turut hadir, Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Presiden Terpilih selaku Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Beserta jajaran Menteri diantaranya; Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Mensesneg Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, hingga Anggota DPR RI Titiek Soeharto.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: