Pustakawan Bisa Hidupkan Koleksi Buku-buku dengan Mendongeng

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Minggu, 06 Oktober 2024 | 18:00 WIB
Pustakawan bisa hidupkan koleksi buku-buku dengan mendongeng (Foto/Pixabay)
Pustakawan bisa hidupkan koleksi buku-buku dengan mendongeng (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Joko Susanto mengatakan, pustakawan punya peran penting untuk mempromosikan dan menghidupkan koleksi buku di perpustakaan lewat narasi-narasi yang menarik.

"Pustakawan yang mampu bercerita dengan baik dapat menghidupkan koleksi perpustakaan dan menciptakan pengalaman yang mendalam bagi pengunjung," katanya.

Ia mengatakan, di sejumlah negara, perpustakaan tidak hanya meminjamkan buku, tetapi meminjamkan manusia merujuk pada konsep perpustakaan manusia atau human library, yang menunjukkan perpustakaan berkembang tidak hanya secara fisik, tetapi juga melalui interaksi manusia.

"Perpustakaan menyelenggarakan acara di mana para pembaca dapat meminjam pustakawan yang berfungsi sebagai buku terbuka. Mereka melakukan percakapan yang biasanya tidak dapat mereka akses," ucapnya.

Joko juga menjelaskan, pustakawan memiliki peran sebagai pendongeng yang bukan sekadar menyediakan informasi. Namun juga menjadi seorang pencerita yang mampu memantik diskusi dan memberikan pengetahuan melalui narasi.

"Pustakawan dapat menyampaikan kisah-kisah inspiratif yang bukan hanya relevan dalam dunia sastra, tetapi juga dalam bidang bisnis, hukum, kedokteran, pendidikan, dan bidang-bidang lainnya," kata dia.

Menurutnya, pustakawan memiliki peran penting yang tidak bisa digantikan oleh teknologi, utamanya dalam membangun narasi menarik sehingga dapat membuat pengunjung tertarik pada buku.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: