Tanggapi Pernyataan Dharma soal Polemik Covid-19, RK: Semua Harus Satu Komando

Oleh: Lydia Fransisca
Minggu, 06 Oktober 2024 | 22:01 WIB
Paslon nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono saat debat Pilgub Jakarta 2024. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Paslon nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono saat debat Pilgub Jakarta 2024. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Calon gubernur (cagub) nomor urut 1 Ridwan Kamil menanggapi pernyataan cagub nomor urut 2 Dharma Pongrekun yang membahas penanganan pemerintah menyelesaikan polemik dunia pandemi Covid-19.

Ridwan Kamil (RK) mengatakan pentingnya koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah. Menurut dia, perbedaan pendapat dalam persoalan Covid-19 adalah hal biasa yang terjadi di ruang yang bersifat politis.

‘’Itulah pentingnya koordinasi antara pemerintah pusat dengan pemerintah provinsi atau kota/kabupaten. Terjadi perbedaan pendapat itu biasa. Kami perdebatkan di ruang-ruang yang sifatnya politik, yang di ruang-ruang sifatnya bisa menginformasikan bahwa ada perspektif lain mungkin dalam menyelesaikan permasalahan sekelas yang namanya pandemi,’’ ungkapnya saat debat perdana Pilgub Jakarta 2024 di Grand Ballroom JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (6/10/2024).

Namun, RK menekankan pengambilan keputusan tentang penanganan Covid-10 berada di level pusat. Karena itu, pemerintah daerah wajib mematuhi dan melaksanakan instruksi pemerintah pusat dalam menyelesaikan pandemi tersebut. 

‘’Tapi, ujung-ujungnya, pemimpin kalau sudah mengambil keputusan di level pusat, maka namanya gubernur harus taat. Wali kota dan bupati juga harus taat. Karena dalam pengelolaan krisis memang harus satu komando. Ketika sudah diputuskan oleh pemimpin level presiden, tentulah serempak di bawah harus mengamankan dan menyelesaikan permasalahan secara kolaborasi,’’ tandasnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: