PDIP Tunjuk Utut Adianto sebagai Ketua Fraksi di DPR, Anak Budi Gunawan Bendahara

Oleh: Ahda Bayhaqi
Selasa, 08 Oktober 2024 | 06:47 WIB
Utut Adianto jadi Ketua Fraksi PDIP di DPR RI. (Foto/Sinpo.id).
Utut Adianto jadi Ketua Fraksi PDIP di DPR RI. (Foto/Sinpo.id).

BeritaNasional.com - PDI Perjuangan DPR RI telah menetapkan struktur pimpinan fraksi periode 2024-2029. Utut Adianto kembali ditugaskan menjadi ketua fraksi PDIP DPR RI.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah. Ia tidak menyampaikan apa alasan PDIP kembali menunjuk Utut sebagai ketua fraksi.

"Kalau fraksi itu ketuanya pak Utut," ujar Said kepada wartawan, dikutip Selasa (8/10/2024).

Sementara, PDIP menunjuk Dolfie Othniel Frederic Palit sebagai sekretaris fraksi yang baru. Kemudian, anak Kepala BIN Budi Gunawan, Mochamad Herviano dipercaya sebagai bendahara fraksi PDIP.

"Sekretarisnya pak Dolfie, kalau bendaharanya Vino," ujar Said. 

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI telah menetapkan lima pimpinan periode 2024-2029. Anggota DPR Fraksi PDIP Puan Maharani kembali menjadi ketua DPR RI 2024-2029.

"Pimpinan DPR adalah satu Puan Maharani dari Fraksi PDIP sebagai ketua DPR RI," ujar Ketua DPR sementara Guntur Sasono saat rapat paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

Tidak ada perubahan susunan partai yang menjadi pimpinan DPR. Sesuai dengan perolehan lima besar kursi di DPR. Paket pimpinan ini tetap menggunakan UU MD3 yang masih berlaku.

"Ketua DPR anggota DPR berasal dari partai politik yang mendapat kursi terbanyak di DPR," ujar Guntur.

Selain PDIP, yang mendapatkan kursi pimpinan adalah Gerindra, Golkar, PKB, dan NasDem. Empat partai ini mendapatkan kursi wakil ketua DPR.

Partai Gerindra menunjuk Sufmi Dasco Ahmad sebagai wakil ketua DPR. Golkar menunjuk Adies Kadir, PKB Cucun Ahmad Syamsurijal, dan NasDem Saan Mustopa.

"Dua, Saudara Adies Kadir dari Fraksi Partai Golkar sebagai wakil ketua DPR RI. Tiga, Sufmi Dasco Ahmad dari Fraksi Partai Gerindra sebagai wakil ketua DPR RI. Empat Saan Mustopa dari Fraksi Partai NasDem sebagai wakil ketua DPR RI. Lima Cucun Ahmad Syamsurijal dari Fraksi PKB sebagai wakil ketua DPR RI," ujar Guntur.

Selain menetapkan lima pimpinan DPR, rapat paripurna juga mengesahkan fraksi-fraksi di DPR dan pimpinannya. Total ada delapan fraksi di DPR periode 2024-2029.

Dari delapan, PDIP dan PAN belum menyampaikan susunan pimpinan fraksi. Dua partai ini akan menyampaikan susunan pimpinan fraksi secepatnya kepada pimpinan DPR. Sementara, Partai Demokrat baru menunjuk ketua fraksi saja, akan dilengkapi secepatnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: