3 Bulan Uji Coba Makan Gratis, Heru Budi: Anak SD Enggak Doyan Sayur

Oleh: Lydia Fransisca
Kamis, 10 Oktober 2024 | 19:33 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (BeritaNasional/Lydia).
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (BeritaNasional/Lydia).

BeritaNasional.com - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengungkapkan hasil evaluasi uji coba makan bergizi gratis yang telah dilakukan sejak Agustus lalu hingga kini.

Heru mengatakan, terdapat tiga fokus utama dalam uji coba program Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka ini. Tiga fokus itu adalah soal menu, rasa, dan harga.

Terkait menu, Heru mengatakan bahwa anak-anak SMA lebih mudah mengkonsumsi apapun. Namun, anak-anak SD cenderung pilih-pilih makanan, khususnya sayur.

"Kalau anak SMA kemarin gampang, smp juga. Yang utama menjadi perhatian saya adalah SD kelas 1, kelas 2, kelas 3. Uji coba menunya yang disukai apa," kata Heru di Istana Merdeka Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (10/10/2024).

Heru berujar, anak-anak SD cenderung menyukai telur dan ayam. Lalu, mereka juga masih belum menyukai sayur.

"Nah ini kan perlu (perhatian), bagaimana anak-anak didik kita yang terutama kelas 1 sampai 2 SD bisa makan sayur. Kalau telur mereka suka. Ayam atau daging ini yang diuji coba," jelas Heru.

"SD evaluasinya di Jakarta adalah nasi tidak terlalu banyak. Begitu dilihat nasi, apa ya, mungkin dia trauma. Jadi kalau kelas 1, kelas 2 nasinya sedikit," tambahnya.

Selanjutnya untuk harga, Heru menegaskan bahwa kisaran angka yang layak untuk diberikan dalam program makan bergizi gratis ini adalah Rp25.000.

"Kemarin Mas Gibran sudah melihat menunya. Kemarin kami berikan (menu) Rp25 ribu. Awal (kami berikan menu) Rp15 ribu kurang bagus. Jadi range-nya antara Rp20-25 ribu," tegas Heru.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: