Dirugikan, PSSI Kirim Surat Protes ke AFC Usai Kontroversi Wasit Ahmed Al Kaf

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Jumat, 11 Oktober 2024 | 13:31 WIB
Timnas Indonesia. (Foto/PSSI).
Timnas Indonesia. (Foto/PSSI).

BeritaNasional.com - PSSI memastikan akan mengirim surat ke Konfederasi Sepak bola Asia (AFC) terkait kepemimpinan wasit Ahmed Al Kaf saat pertandingan Bahrain vs Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Kamis (10/10/2024).

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Nasional Bahrain, Kamis (10/10/2024), pertandingan Bahrain vs Indonesia berakhir imbang 2-2.  Timnas Indonesia sempat unggul 2-1 hingga di penghujung pertandingan. Akan tetapi tuan rumah justru mampu membuat gol penyama kedudukan di menit 90+9 melalui sepakan Mohamed Marhoon.

"Ya kita kirim surat protes,” kata anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga dikutip dari laman PSSI, Jumat (11/10/2024).

Kontroversi ini dimulai ketika pertandingan memasuki menit ke-90, perangkat pertandingan mengangkat papan petunjuk bertuliskan angka enam pertanda injury time bakal berlangsung selama enam menit. 

Saat itu Timnas Indonesia sedang unggul 2-1. Di masa injury time, tidak banyak momen yang mengharuskan wasit Ahmed Al Kaf menghentikan pertandingan. Hanya ada beberapa pelanggaran yang tidak membuat pertandingan terhenti dalam waktu lama.

Namun ketika pertandingan sudah memasuki menit keenam masa injury time, wasit Ahmed Abu Bakar Al Kaf tidak juga meniup peluit. Pertandingan terus berjalan bahkan ketika laga sudah memasuki menit kesembilan masa injury time.

Saat itu Bahrain mendapatkan peluang melalui sepak pojok. Dalam skema sepak pojok itu, Marhoon bisa menyambar bola dan melesatkan si kulit bundar ke gawang. Skor berubah jadi 2-2 di menit kesembilan masa injury time.

“Kita sangat kecewa dengan kepemimpinan wasit. Seperti menambah waktu sampai Bahrain menciptakan gol,” tutur Arya.

Dengan hasil ini, Indonesia berada di posisi kelima di klasemen sementara Grup C dengan mengemas tiga poin. Pada laga berikutnya, Indonesia akan melawan tuan rumah China pada Selasa (15/10/2024).sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: