DPR Dorong Presiden Prabowo Subianto Berperan Lebih Kuat Damaikan Perang di Palestina

Oleh: Sri Utami Setia Ningrum
Jumat, 11 Oktober 2024 | 21:20 WIB
(Palestina/Freepik)
(Palestina/Freepik)

BeritaNasional.com -  Anggota DPR Sukamta berharap pemerintahan Presiden Prabowo Subianto nantinya bisa mengambil peran yang lebih kuat untuk bisa menggalang dukungan untuk menghentikan peperangan yang meluas di Timur Tengah khususnya di Palestina.  

"Pemerintahan baru Pak Prabowo tentu kita harapkan bisa berperan lebih kuat dengan menjadi inisator menggalang dukungan untuk kemerdekaan Palestina dan di sisi lain juga menggalang pengucilan terhadap Israel," ujarnya, Jumat (11/10/2024).

Serangan Israel terhadap pasukan perdamaian PBB di Lebanon (UNIFIL) yang mencederai 2 anggota TNI yang sedang bertugas pada Kamis 10 Oktober. Tindakan tersebut merupakan tindakan pelanggaran hukum internasional yang seharusnya segera disikapi. 

"Tindakan Israel yang terang-terangan menyerang pasukan PBB, jelas telah melecehkan kehormatan lembaga PBB. Mestinya DK PBB tidak perlu ragu untuk menjatuhkan sanksi yang kuat kepada Israel dengan melarang semua negara untuk melakukan embargo senjata dan ekonomi kepada Israel. Saya tidak habis pikir, apa yang ditunggu DK PBB untuk menghukum Israel? Apakah menunggu seluruh timur tengah terjadi kiamat kemanusiaan?"

Menurut Sukamta, pembiaran terhadap kebrutalan Israel yang saat ini meluas ke wilayah Lebanon, akan menyebabkan jatuhnya tingkat kepercayaan masyarakat dunia kepada  PBB dan DK PBB ke titik paling rendah dalam sejarah. 

"Ini kondisi yang sangat berbahaya. Konflik bisa semakin tidak terkendali, karena tak ada lagi kepercayaan terhadap lembaga internasional dan terhadap negara-negara besar yang selama ini sering menyerukan demokrasi dan kemanusiaan," tukasnya. sinpo

Editor: Sri Utami Setia Ningrum
Komentar: