Blusukan ke Condet, Rano Karno Dapat Masukan soal Cagar Budaya

Oleh: Tim Redaksi
Sabtu, 12 Oktober 2024 | 07:01 WIB
Calon wakil gubernur Jakarta Rano Karno. (Foto/Tim Media Pramono-Rano).
Calon wakil gubernur Jakarta Rano Karno. (Foto/Tim Media Pramono-Rano).

BeritaNasional.com - Calon wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut 3, Rano Karno mengatakan perlunya cagar budaya di kawasan Condet, Jakarta Timur. Hal itu usai dirinya melakukan blusukan ke wilayah Eretan 2, Condet, Jakarta Timur, Jumat (11/10/2024). 

Ia menuturkan bahwa pada tahun 1974-an saat Ali Sadikin menjabat sebagai Gubernur Jakarta telah dikeluarkan surat keputusan (SK). 

"Condet ini pernah menjadi cagar budaya ya. Itu memang tahun 70-an zaman Bang Ali. Kemudian pada tahun 74 juga keluar menjadi tempat-tempat ada beberapa komunitas buah yang dilindungi di sini, seperti duku dan salak," kata Rano dalam keterangannya Sabtu (11/10/2024).

"Nah kemudian memang harus diakui dengan perkembangan Jakarta ini kadang-kadang kedinasan agak lupa. Untuk kembali kepada ruh condet itu sendiri," ujarnya menambahkan. 

Oleh karena itu, mantan Gubernur Banten ini menyatakan sangat wajar bila masyarakat Condet mengharapkan wilayahnya bisa lestari. Khususnya kebudayaan Betawi jangan sampai hilang. 

Sementara itu salah satu tokoh masyarakat, Iwan menilai bahwa Condet kini telah banyak berubah menjadi kawasan bisnis. Sebab perubahan itu dapat menggerus kebudayaan dan kelestarian budaya Betawi. 

"Waktu saya dipanggil Pak Ahok, 92 persen bangunan di Condet tidak memiliki izin mendirikan bangunan (IMB). Town house dan bangunan lainnya yang berada di Jalan Raya Condet itu tidak ada izinnya," jelasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: