Lulus sebagai Member Hari Ini, Begini Perjalanan Reva Fidela Selama di JKT48

Oleh: Bagas Kusumohadi
Sabtu, 12 Oktober 2024 | 00:35 WIB
Adel JKT48. (Foto/Instagram @jkt48.adel)
Adel JKT48. (Foto/Instagram @jkt48.adel)

BeritaNasional.com - Tepat hari ini, 12 Oktober 2024, JKT48 lagi-lagi harus ditinggal lulus oleh salah seorang member-nya.

Ya, Reva Fidela Adel Pantjoro, alias Adel JKT48, atau yang lebih sering dipanggil Adel merupakan seorang member JKT48 generasi 8. 

Adel telah mengumumkan untuk lulus dari JKT48 sejak Kamis, 6 Juni 2024, lebih tepatnya pada show setlist Renai Kinshi Jourei (Aturan Anti Cinta). 

Adel telah menjadi salah satu member yang cukup berpengaruh dalam kepopuleran JKT48 belakangan ini. 

Tagar-tagar seperti #Dedelpict atau keisengan dirinya bersama member lain, yaitu Oniel. Mereka sempat membuat “Ondel Show 74” sampai persahabatannya dengan Ashel, salah seorang mantan member JKT48, meramaikan fandom saat itu. 

Sebelum itu semua terjadi, Adel merupakan seorang member yang memulai semuanya dari nol. 

Memiliki jikoshoukai/perkenalan yang berbunyi “Bagai kucing yang kalem, tapi selalu memikat hati kamu” yang membekas di memori para penggemar, pastinya terdapat beberapa hal penting dan tak terlupakan selama “si kucing kalem” ini berada di JKT48.

Adel bergabung bersama Academy Class B milik JKT48 pada 27 April 2019. Lanjut dipromosikan ke JKT48 Academy Class A pada 30 Juni 2019. 

Kurang lebih 3 bulan kemudian, JKT48 mengunggah video perkenalan Adel di kanal resmi JKT48. 

Pada video perkenalan tersebut, Adel yang masih berusia 13 tahun mengaku hobi travelling karena kesukaannya akan pemandangan alam. 

Walaupun begitu, makin ke sini, dirinya justru lebih sering menunjukkan bakatnya dalam hal menggambar. 

Pada saat itu, gadis yang biasa dipanggil Dedel itu masih memiliki image bocah kecil yang imut dan lucu. 

Pada setlist pertamanya, yaitu Pajama Drive, Adel membawakan salah satu unit song JKT48 yang dicap lucu para penggemar, yaitu Tenshi no Shippo (Ekor Malaikat). 

Mantan atlet bulu tangkis ini juga mendapatkan unit song yang garang yaitu “Kagami no Naka no Jeanne D'Arc” (Joan of Arc di Dalam Cermin).  

Tahun 2019 adalah waktu yang sangat bergengsi untuk para member JKT48, di mana mereka memperebutkan takhta seorang ratu dan berada di posisi pertama untuk single original pertama yang berjudul “Rapsodi”. 

Adel menjadi salah satu member yang ikut serta dalam perhelatan itu, dengan tema miliknya “Senyum Manismu”. 

Member Academy Class A tersebut memang tidak masuk dalam jejeran Senbatsu ataupun Undergirls, Adel mulai mendapatkan hati para penggemar dan perlahan memberikan nama atas dirinya sendiri. 

Pada 2020, Academy Class A mendapatkan setlist terbaru mereka yaitu “Boku no Taiyou” (Matahari Milikku). Adel masih termasuk di dalamnya dan mendapatkan unit song yang berjudul “Idol Nante Yobanaide” (Jangan Panggil Diriku Idol). 

Saat pandemi Covid-19 mulai melanda, JKT48 justru melakukan sebuah pembaharuan untuk salah satu tim yang sedang vakum, yaitu Team T.

Cara yang dilakukan saat itu juga cukup unik, yang biasanya member dipromosikan ke dalam team dengan cara dipanggil namanya di sebuah event JKT48, kali ini adalah general manager JKT48, Melody Nurramdhani Laksani, melakukan call online via WhatsApp. 

Adel merupakan salah satu member yang ditelpon saat itu, reaksi pertama yang dilontarkan oleh Adel adalah kaget dan terharu. 

Di saat yang bersamaan, pada 29 Juni 2020, Adel secara tidak langsung sudah dipromosikan ke dalam member reguler dan bukan trainee JKT48.

“Fly! Team T” menjadi setlist yang dibawakan saat itu. Unit song JKT48 yang dibawakan Adel saat itu seperti “Hatsukoi Dash” (Dash Cinta Pertama) dan “Glass no I LOVE YOU” (Kaca Berbentuk I Love You) membuktikan bahwa gadis yang saat itu berusia 14 tahun masih ingin menunjukkan image imutnya. 

Setlist “Fly! Team T” hanya dibawakan oleh Adel selama 6 bulan, sebelum terjadinya restrukturisasi JKT48 besar-besaran JKT48, atau yang biasa disebut oleh para penggemar sebagai “Penebangan pohon Sakura” dan menyebabkan last show Team T pada tanggal 12 Maret 2021.

Selama perjalanannya di JKT48 dari 2021 hingga 2024, member Valkyrie48 yang satu ini telah membawakan banyak sekali setlist JKT48. 

Pada setlist Renai Kinshi Jourei (Aturan Anti Cinta) Adel mendapatkan unit song “Tsundere!”, setlist Seishun Girls (Gadis Gadis Remaja) membawakan “Ame no Doubutsuen” (Kebun Binatang Disaat Hujan), setlist Seifuku no Me (Tunas Di Balik Seragam) membawakan “Onna no Ko no Dairokkan” (Indra Keenam Seorang Gadis), dan pada setlist Ramune no Nomikata (Cara Meminum Ramune) membawakan lagu “Nice to meet you!”. 

Sementara itu, pada setlist yang selalu berganti unit song tiap minggunya yaitu “Banzai JKT48”, Adel telah membawakan lima lagu, “Gomen ne, Jewel” (Maafkan, Permataku), “Itoshiki Natasha” (Natasha yang Ku Cinta), “Glory Days”, “Hatsukoi yo, Konnichiwa” (Cinta Pertamaku, Selamat Siang), dan “Return Match”.

Member JKT48 yang memiliki fanbase bernama “Adellion” ini juga mendapat kesempatan untuk muncul di beberapa music video dari JKT48. 

Tahun 2021, Adel muncul di music video single JKT48 ke-22 milik JKT48 yang berjudul “Darashinai Aishikata” (Cara Ceroboh Untuk Mencinta). 

Pada tahun yang sama, Adel berada di music video yang berjudul “JKT48 New Era Special Performance Video - Only Today & Musim Panas yang Kacau” terutama pada lagu kedua.

Adel JKT48 di video Ame no Doubutsuen versi New Era. (Foto/tangkapan layar YouTube JKT48)

Kurang lebih 2 tahun kemudian, Adel muncul pada music video “Ponytail dan Shu-Shu”. Tidak lama setelah itu, 17 September 2023 rilis video yang berjudul “JKT48 New Era Special Performance Video - Kebun Binatang Saat Hujan” yang di mana Adel termasuk di dalamnya mengenakan kostum zebra. 

Sementara itu, “Magic Hour” menjadi music video terakhir di mana seorang Reva Fidela terlibat sebagai member JKT48. 

Seiring berjalannya berjalannya waktu, terdapat perubahan image yang diterapkan oleh Adel. 

Yang awalnya imut, lucu, dan bagaikan adik dari para penggemar, tiba-tiba Adel merubah image tersebut menjadi seorang perempuan cool dan tomboy. 

Sampai akhirnya, pada 6 Juni 2024, Reva Fidela Adel Pantjoro harus mengumumkan kelulusannya dari JKT48. 

Adel JKT48 saat mengumumkan lulus. (Foto/Livestream theater JKT48)
Tak dapat dimungkiri bahwa Adel memang memiliki cedera pinggang yang cukup fatal apabila dia melanjutkan untuk terus berkegiatan sebagai member JKT48. 

Pada setlist Renai Kinshi Jourei, Adel menuturkan perkataannya sebelum mengumumkan kelulusannya. 

“Mungkin ada beberapa yang ketawa dan bilang masih muda kok cedera pinggang? Tapi kalo aku bisa milih aku gak mau sakit, aku mau perform. Selama setengah tahun itu aku paksain sampe aku ke dokter dan bahkan udah gak dibolehin lompat-lompat, cuma aku percaya aku masih bisa di JKT48” ujar gadis yang saat itu berusia 17 tahun ini. 

Hari ini merupakan perhelatan show terakhir Adel sebagai member JKT48, setlist Ramune no Nomikata sebagai pengantar Adel ke kelulusan. 

Berdasarkan website resmi JKT48, yaitu JKT48.com, member-member yang akan berada pada show tersebut adalah Aurellia, Callista Alifia, Cornelia Vanisa, Febriola Sinambela, Fiony Alveria, Flora Shafiq, Freya Jayawardana, Gita Sekar Andarini, Indah Cahya, Jesslyn Elly, Kathrina Irene, Lulu Salsabila, Marsha Lenathea, Mutiara Azzahra, dan Shania Gracia. Last show Adel akan dilaksanakan pukul 15.00 di Theater JKT48, Fx Sudirman.   

Bukan perjalanan yang mudah untuk Adel menjadi seorang member JKT48. Adel seringkali mendapatkan komentar yang tidak mengenakkan dari para penggemar yang lain. Terkadang Adel juga melontarkan kalimat yang salah, yang berujung permintaan maaf. 

Tetapi, di luar itu semua Adel telah menjadi seorang member yang membekas di hati untuk para penggemar, terutama fanbase Adellion. 

Patut dipantau untuk perjalanan Adel selanjutnya, apapun profesinya, para penggemar selalu berharap yang terbaik untuk seorang Reva Fidela.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: