Cerita Ridwan Kamil Gagal Maju Pilgub Jakarta 2017: Ibu Saja Tidak Mau

Oleh: Lydia Fransisca
Minggu, 13 Oktober 2024 | 20:18 WIB
Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil. (BeritaNasional/Tim RK)
Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil. (BeritaNasional/Tim RK)

BeritaNasional.com -  Calon Gubernur Jakarta Nomor Urut 1, Ridwan Kamil, mengungkapkan bahwa dirinya pernah mendapatkan tawaran untuk berlaga di Pilgub Jakarta 2017.

Untuk diketahui, Pilgub Jakarta 2017 akhirnya diikuti oleh Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat, Anies Baswedan-Sandiaga Uno, dan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni.

Ridwan Kamil bercerita bahwa dia mendapatkan dukungan untuk berkontestasi di Jakarta pada 2016. Namun, saat itu ibunya tidak merestuinya dan meminta Ridwan Kamil untuk menyelesaikan tugasnya sebagai Wali Kota Bandung.

"Ya, memang saya secara realitanya pada 2016 dicalonkan untuk maju. Semua mendukung, kecuali ibu saya, karena ibu saya tidak mau saya tidak menyelesaikan (memimpin Bandung)," kata RK kepada wartawan di Jakarta Timur, Minggu (13/10/2024).

Ridwan Kamil pun tidak menyesal dengan keputusan itu. Dia kini telah mendapatkan restu untuk maju di Pilgub Jakarta 2024 dari sang ibu.

"Maka sekarang memang takdirnya datang. Wali Kota selesai, Gubernur Jawa Barat selesai," ujar RK.

Lebih lanjut, RK menyinggung soal kinerjanya di Bandung dan Jawa Barat. Menurutnya, kinerja yang baik di sana bisa menjadi modal untuk membangun Jakarta sekarang.

"Nyagub di Jakarta juga meninggalkan tugas yang amanah, ya, di Bandung dan Jawa Barat dengan hasil yang baik. Kepuasan publik di Jawa Barat juga kan 90 persen, dan semua itu adalah hasil dari nasihat ibu saya yang saya praktikkan," tegas RK.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: