Suswono: Saya Tidak Akan Jadi Ban Serep, RK Sudah Memberikan Tugas

Oleh: Lydia Fransisca
Senin, 14 Oktober 2024 | 15:20 WIB
Suswono tak akan jadi ban serep (Beritanasional/Lydia)
Suswono tak akan jadi ban serep (Beritanasional/Lydia)

BeritaNasional.com - Calon Wakil Gubernur Jakarta Nomor Urut 1 Suswono menegaskan bahwa dirinya tidak akan menjadi 'ban serep' jika berhasil memenangkan Pilgub Jakarta 2024.

"Saya (mendapatkan pertanyaan) sebagai wakil gubernur kira-kira apakah akan jadi ban serep kan gitu ya. Saya jelaskan ya bahwa Pak Emil (RK) itu tidak demikian," kata Suswono kepada wartawan di Jakarta Pusat, Senin (14/10/2024).

Suswono mengatakan, sang gubernur Ridwan Kamil (RK) sudah memberikan pembagian tugas yang jelas jika mereka berhasil menjadi DKI 1. 

Adapun tugas yang diberikan adalah menghijaukan Jakarta, menjaga stabilitas pangan, dan melakukan sosialisasi kemasyarakatan.

"Pak Emil itu bahkan sudah memerintahkan saya nanti kalau Allah takdirkan jadi tugas untuk menghijaukan Jakarta, tugas untuk mengamankan pangan, tugas untuk sosialisasi kemasyarakatan ya itu akan ditugaskan ke saya ya," ujar Suswono.

Sebelumnya, Suswono mengungkapkan kisahnya bisa terpilih menjadi pendamping dari Ridwan Kamil di Pilgub 2024.

Suswono mengatakan, mulanya RK ingin berlaga di Pilgub Jawa Barat. Namun, RK mendapatkan tugas untuk berlaga di Pilgub Jakarta. 

Tak langsung menerima tawaran itu, lanjut Suswono, RK memberikan syarat. Syarat itu adalah ingin wakil dari PKS.

"Beliau ditugaskan harus ke Jakarta cuma waktu itu dia minta syarat, 'Saya boleh ke Jakarta asal syarat wakilnya dari PKS.' Nah itulah yang menjadikan akhirnya jadilah saya yang ditugaskan," kata Suswono dalam acara Deklarasi Relawan Berkah di Bambu Apus, Jakarta Timur, Minggu (1/9/2024).

Suswono berujar, beberapa politisi PKS telah ditawarkan menjadi wakil RK. Namun, ada beberapa pihak yang tak menyetujui nama tersebut.

Hingga akhirnya, nama Suswono ditawarkan. Hasilnya, Presiden Terpilih Prabowo Subianto menyetujuinya.

"Beberapa nama yang sudah disodorkan ternyata tidak (disetujui) karena kadang-kadang dari PKS yang diminta tidak disetujui. Sementara dari pihak sana atau dari PKS yang menyodorkan nama, dari yang lain pada nggak menyetujui," ujar Suswono.

"Tapi begitu nama saya yang disodorkan ternyata Pak Prabowo pun senyum. Pak Prabowo senyum dan seluruh partai-partai KIM ternyata sangat respons dan sangat mendukung tentang pencalonan saya," tambahnya.

Lebih lanjut, Suswono mengungkit kinerjanya di Pilkada 2017 lalu. Kala itu, dia berhasil memenangkan Anies Baswedan sehingga dia menjamin akan meraih kemenangan lagi di Pilkada 2024.

"Saya sebagai calon wakil gubernur tentu kalau nanti jadi pasti akan support penuh apa yang sudah dalam pikiran Bang Emil ini, cukup banyak itu," tandasnya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: