China Mulai Latihan Perang di Dekat Taiwan

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Senin, 14 Oktober 2024 | 21:35 WIB
Ilustrasi pasukan China latihan perang (Foto/Pixabay)
Ilustrasi pasukan China latihan perang (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Militer China memulai babak baru latihan perang di dekat Taiwan. China menyatakan, latihan tersebut adalah peringatan terhadap tindakan separatis pasukan kemerdekaan Taiwan. Mereka juga tidak menyebutkan tanggal pasti kapan latihan itu akan berakhir.

Taiwan yang memiliki pemerintahan demokratis dan dianggap China sebagai bagian dari wilayah mereka sendiri, telah meningkatkan kewaspadaan terhadap latihan perang yang lebih sering dilakukan, sejak pidato oleh Presiden Lai Ching-te dalam peringatan hari nasional pekan lalu .

Pidato tersebut mengundang kecaman Beijing. Apalagi Lai mengatakan, China tidak memiliki hak untuk mewakili Taiwan, meskipun dia juga menawarkan diri untuk bekerja sama dengan Beijing.

Komando Palagan Timur militer China dalam sebuah pernyataan pukul 5 pagi waktu setempat mengatakan latihan “Joint Sword-2024B”, berlangsung di Selat Taiwan dan wilayah di utara, selatan, dan timur Taiwan.

“Latihan itu juga berfungsi sebagai peringatan keras terhadap tindakan separatis pasukan kemerdekaan Taiwan. Itu adalah operasi yang sah dan perlu untuk menjaga kedaulatan negara dan persatuan nasional,” kata pihak militer China.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengecam keras tindakan  provokatif China dan latihan pasukannya.

“Klaim komunis China tentang ‘memicu pertengkaran dan memprovokasi masalah’ sama sekali menyimpang dari kebenaran,” tambahnya.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: