Ridwan Kamil Bakal Sulap Kepulauan Seribu ala Disneyland

Oleh: Tim Redaksi
Senin, 14 Oktober 2024 | 18:46 WIB
Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil dan Suswono. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil dan Suswono. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com -  Calon Gubernur Jakarta Nomor Urut 1, Ridwan Kamil (RK), mengaku akan membuat Kepulauan Seribu menjadi destinasi wisata global seperti Disneyland.

Hal ini diungkapkan RK saat berdialog dengan para pengusaha muda yang tergabung dalam Pengusaha Pejuang Bersatu pada Minggu (13/10/2024) kemarin.

"Kepulauan Seribu itu sedang kita dorong untuk menjadi spesial. Beberapa pulau akan kita dorong jadi destinasi wisata global, ala-ala Disneyland dan Universal Studios yang akan ada di sana," kata RK dalam sambutannya, dikutip Senin (14/10/2024).

Oleh karena itu, dia berharap pembangunan terminal untuk menyeberang ke Kepulauan Seribu diperindah dan dapat menjadi ikon kota Jakarta.

"Makanya saya bilang, kalau itu jadi, tolong terminalnya yang keren. Dibikin kayak semi opera house, nah jadi ikon kota," ujar RK.

"Karena stasiun MRT juga ujungnya di Ancol. Kebayang nggak kita naik MRT berhenti di Ancol, lalu naik ke atas terminal Kepulauan Seribu?" lanjutnya.

Lebih lanjut, RK menjelaskan bahwa konsep pembangunan Kepulauan Seribu akan terbagi dua. Pertama adalah resort seperti di Maladewa (Maldives), termasuk ala-ala Disneyland.

"Kepulauan Seribu terbagi dua. Ala-ala Maldives yang sifatnya resort itu ada, cuma kurang promosi dan pemerintahnya kurang mendukung. Kedua, destinasi yang sifatnya bayar tiket, ala-ala Disneyland. Nah, kembali ke Jakarta, misalnya kuliner akan jadi wisata yang luar biasa," jelas RK.

Pembangunan kedua selanjutnya adalah menjadikan Kepulauan Seribu tempat wisata untuk event-event besar, seperti di Singapura.

"Kedua adalah akan jadi wisata event (seperti) di Singapura. (Orang-orang kalau) ke Singapura cari makan di zona-zona tertentu, tetapi ke Singapura juga karena banyak event," ucap RK.

"Makanya, Jakarta harus jadi kota bisnis. Makanan di Jakarta harus dieksibisikan, kemudian semua dijadikan wisata. Nah, kombinasi Kepulauan Seribu harus naik kelas, kombinasi zona kuliner harus dibanyakin," sambungnya menandasi.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: