Hungaria Tidak Mendukung Ukraina Masuk NATO

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Selasa, 15 Oktober 2024 | 07:00 WIB
Hongaria tak dukung Ukraina masuk NATO (Foto/Konrad)
Hongaria tak dukung Ukraina masuk NATO (Foto/Konrad)

BeritaNasional.com - Menteri Luar Negeri Hongaria Peter Szijjarto mengatakan, Hongaria tak akan memberi akses bagi Ukraina untuk masuk ke NATO. Sebab hal ini berarti konfrontasi langsung antara NATO dengan Rusia. Ini juga berpotensi menyebabkan Perang Dunia III.

Menurut Szijjarto dalam sebuah wawancara dengan RIA Novosti, sejak awal konflik di Ukraina, Budapest telah menentukan sejumlah garis merah. Salah satunya adalah perlunya melakukan yang terbaik dan semaksimal mungkin untuk menghindari segala bentuk konfrontasi langsung antara NATO dan Rusia.

"Jadi jika Ukraina menjadi anggota NATO, itu berarti konfrontasi langsung antara NATO dan Rusia. Dan itu berarti Perang Dunia Ketiga," kata Szijjarto.

"Kami hanya ingin menghindari hal itu. Inilah (mengapa) bagi kami isu itu (masuknya Ukraina ke NATO) tidak ada dalam agenda," katanya.

Menurut Menlu Hongaria, sebagian besar rekannya dari negara-negara NATO, dalam percakapan dengan perwakilan Ukraina, berbicara tentang kemungkinan aksesi Kiev ke aliansi tersebut, tetapi dalam lingkup tertutup mereka mengakui bahwa hal ini tidak mungkin.

Sebelumnya pada awal Oktober, Sekretaris Jenderal NATO yang baru Mark Rutte mengunjungi Kiev.

Dalam kunjungan tersebut, Rutte mengatakan bahwa akan tiba saatnya Ukraina akan menjadi anggota penuh NATO, dan Rusia tidak akan memiliki hak veto mengenai masalah ini.

Dikutip dari Antara, Sekjen NATO tidak menyebutkan kerangka waktu apa pun untuk kemungkinan undangan Ukraina ke NATO, yang memerlukan keputusan bulat oleh semua anggota aliansi.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: