PDIP Tegaskan Sikap Politik Kewenangan Ketua Umum

Oleh: Sri Utami Setia Ningrum
Selasa, 15 Oktober 2024 | 11:03 WIB
Megawati saat Rakornas PDIP (Beritanasional/Ahda)
Megawati saat Rakornas PDIP (Beritanasional/Ahda)

BeritaNasional.com -  Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memastikan sikap politiknya tegak lurus pada keputusan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Juru bicara PDIP Chico Hakim mengatakan keputusan strategis tentang posisi politik menjadi kewenangan ketua umumnya. 

"Apakah berada dalam pemerintahan ke depan atau berada di luar dan menjadi penyeimbang merupakan kewenangan Ketua Umum PDI Perjuangan, Ibu Megawati Soekarnoputri," ujarnya, Selasa (15/10/2024).

Partai berlambang kepala banteng itu  memiliki legacy dalam membangun demokrasi. Metode pemikiran yanv diajarkan di dalam sekolah partai adalah krtisis/ denk methode, dialektis, dan kontemplatif. Dinamika terhadap persoalan tersebut bagus dalam demokrasi.

Ia juga menekankan hubungan antara Megawati Soekarnoputri dan presiden terpilih Prabowo Subianto sangat baik dan memiliki akar historis. Dalam beberapa platform partai seperti berkaitan dengan kedaulatan pangan, energi, keuangan, pertahanan, dan pentingnya nation and character building serta politik pendidikan dan kemudayaan, antara kedua partai memiliki pemahaman yang tidak jauh berbeda.

"Kami terus berkomitmen bagi kemajuan bangsa dan negara dengan jalan Trisakti Bung Karno. Hal-hal yang berkaitan dengan tugas presiden sebagai kepala negara, PDI Perjuangan selalu mendukung upaya pencapaian tujuan bernegara" 

Ia menegaskan PDIP  memiliki legacy di dalam membangun demokrasi ditandai dengan kesejarahan melawan rezim orde baru dan juga mengkritisi terjadinya watak otoriter populis. Demokrasi selalu memerlukan check and balances. 

"Kekuasaan selalu melalui kritik. Tugas ini selalu dijalankan partai baik berada di dalam maupun di luar pemerintahan," imbuhnya. sinpo

Editor: Sri Utami Setia Ningrum
Komentar: