Sah! Herindra Jadi Kepala BIN

Oleh: Panji Septo R
Rabu, 16 Oktober 2024 | 13:27 WIB
Herindra jadi Kepala BIN (Beritanasional/Panji)
Herindra jadi Kepala BIN (Beritanasional/Panji)

BeritaNasional.com - Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan, pihaknya telah menerima Herindra sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) usai melaksanakan fit and proper test.

"Hasil dari tim pertimbangan tersebut menyatakan Bapak Herindra sebagai satu-satunya calon kepala BIN dinyatakan kami terima," ujar Puan di kompleks parlemen, Senayan, Rabu (16/10/2024).

Puan mengatakan, pelantikan Herindra sebagai Kepala BIN bakal diserahkan kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto.

"Untuk bisa dilantik pada waktunya oleh presiden yang nantinya akan dilantik pada 20 Oktober, yaitu Presidem Prabowo Subianto," tuturnya.

Ia memastikan terpilihnya Herindra sebagai Kepala BIN bakal diparipurnakan esok hari, Kamis (17/10/2024). Setelah itu, DPR bakal menyurati Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Insya Allah paripurna untuk menyatakan terkait kesiapan bahwa calon Kepala BIN ini akan kita lakukan besok hari Kamis. Kami akan berkirim surat kepada pemerintah," kata dia.

Puan mengatakan, fraksi-fraksi DPR juga menitipkan sesuatu kepada Herindra, yaknk menjaga stabilitas negara dan bekerja di dalam serta luar negeri.

"Menjaga negara bisa berjalan sebagaimana satu negara yang utuh dan menjaga konsistensi sebagai tupoksinya bekerja secara netral lalu bekerja bukan hanya ke dalam saja tapi juga tugas tupoksinya ke luat negeri," ucapnya.

Di sisi lain, Herindra mengatakan, ia siap  berkolaborasi dengan berbagai stakeholder untuk menjaga negara kesatuan republik Indonesia.

"Intinya kita harus berkolaborasi dengan semua stakeholder untuk menjaga kesatuan negara Indonesia," ujar Herindra.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: