Deretan Prestasi Thomas Tuchel di Inggris

Oleh: Tim Redaksi
Kamis, 17 Oktober 2024 | 04:30 WIB
Thomas Tuchel (kanan)
Thomas Tuchel (kanan)

BeritaNasional.com - Thomas Tuchel bukan nama yang asing bagi penggemar Liga Primer karena pernah melatih Chelsea dari Januari 2021 hingga September 2022.

Ia menggantikan Frank Lampard di Chelsea pada 26 Januari 2021, setelah memenangkan Piala Jerman bersama Borussia Dortmund dan kemudian dua gelar Ligue 1 di Paris Saint-Germain, termasuk treble domestik pada 2019/20.

Tuchel mengambil alih saat The Blues berada di peringkat kesembilan di Liga Premier, dan membuat awal yang sangat mengesankan, memimpin mereka ke final Liga Champions UEFA, di mana Chelsea mengalahkan Manchester City 1-0, memenangkan trofi untuk kedua kalinya dalam sejarah mereka.

Tonton: Kiprah Tuchel di Liga Primer bersama ChelseaWatch: Tuchel's time in the Premier League with Chelsea

Pelatih kepala Inggris yang baru menghabiskan waktu kurang dari dua tahun di Stamford Bridge. Lihat kembali masa jabatannya di siniThe new England head coach spent just under two years at Stamford Bridge. Look back on his tenure here

Tuchel juga memimpin Chelsea ke posisi keempat dan final Piala FA, kalah dari Leicester City 1-0 di Wembley.

Musim berikutnya, pemain Jerman itu mengangkat lebih banyak trofi melalui Piala Dunia Antarklub FIFA dan Piala Super UEFA, sementara ia membimbing The Blues meraih posisi ketiga, lebih baik dibanding musim 2020/21.

Ia terpilih sebagai pelatih terbaik UEFA dan FIFA pada tahun 2021 sebagai pengakuan atas kiprahnya di Inggris. Di Liga Primer, ia memenangkan penghargaan Manajer Terbaik Bulan Ini versi Barclays sebanyak dua kali, pada bulan Maret dan Oktober 2021.

Tuchel berpisah dengan Chelsea pada September 2022 sehari setelah mereka kalah dalam pertandingan pembuka grup Liga Champions UEFA melawan Dinamo Zagreb. The Blues berada di posisi keenam di Liga Primer, terpaut lima poin dari posisi teratas, dengan 10 poin dari enam pertandingan.

Rekor Tuchel di Liga Primer

Tuchel, yang juga pernah melatih Mainz, tersedia untuk mengambil posisi timnas Inggris setelah meninggalkan Bayern Munich musim panas lalu.

Lee Carsley, yang sebelumnya menjadi pelatih Inggris sementara setelah kepergian Southgate, akan tetap melatih untuk dua pertandingan terakhir Inggris di Nations League melawan Yunani dan Republik Irlandia pada bulan November.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: