Satpol PP DKI Kerahkan 1.700 Personel Bantu Pengamanan Pelantikan Presiden-Wakil Presiden

Oleh: Tarmizi Hamdi
Sabtu, 19 Oktober 2024 | 02:30 WIB
Satpol PP menggelar apel persiapan pengamana pelantikan presiden-wakil presiden Indonesia di Monas. (Foto/Satpol PP DKI Jakarta)
Satpol PP menggelar apel persiapan pengamana pelantikan presiden-wakil presiden Indonesia di Monas. (Foto/Satpol PP DKI Jakarta)

BeritaNasional.com - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta turut menyiagakan sekitar 1.700 personel untuk membantu pengamanan acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Pengerahan personel dan pengamanan dimulai pada 18 sampai 20 Oktober 2024.

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin menjelaskan dirinya memberikan instruksi kepada personel untuk mengamankan hotel-hotel dan jalur-jalur yang dilintasi tamu negara, mulai Bandara Soekarno-Hatta hingga hotel tempat mereka menginap.

“Termasuk jalur dari Bandara Halim dan jalur lintasan yang akan dilintasi oleh Presiden dan Wakil Presiden dari kediaman menuju Gedung MPR/DPR ada yang berlanjut lagi ke Istana Merdeka,” ungkapnya pada Jumat (18/10/2024).

Arifin meminta seluruh petugas selalu waspada dan cermat mengantisipasi hal-hal yang mengganggu ketenteraman dan ketertiban umum.

"Kita harus mampu menjaga bersama-sama, membantu mengendalikan agar kebahagiaan dan kegembiraan masyarakat Indonesia khusus yang ada di Jakarta dalam menyambut proses kepemimpinan ini berjalan dengan aman, lancar dan tertib," tuturnya.

Arifin mengimbau masyarakat dapat menghindari jalur-jalur lintas yang akan dilalui oleh para tamu negara dan panggung-panggung hiburan yang berada di sepanjang jalan Sudirman-Thamrin.

"Bila bisa ikut bersama-sama memberikan suatu penghormatan dan ikut meramaikan (pelantikan Presiden dan Wakil Presiden) sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin ada tempat-tempat yang disiapkan untuk panggung hiburan,” katanya.

Arifin menyarankan warga yang tidak berkepentingan menghindari jalur-jalur lintasan karena diberlakukan rekayasa lalu lintas.

“Mohon maaf apabila ada semacam gangguan-gangguan dalam perjalanan karena memang ini semata-mata untuk memperlancarkan proses pelaksanan," tandasnya.

 sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: