Tak Bisa Hadir di Pelantikan Prabowo-Gibran, Megawati Berikan Instruksi Ini ke Kader PDIP

Oleh: Ahda Bayhaqi
Minggu, 20 Oktober 2024 | 06:28 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (BeritaNasional/Elvis).
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (BeritaNasional/Elvis).

BeritaNasional.com - Ketua Umum PDI Perjuangan dan Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri berhalangan hadir di pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden 2024-2029 pada Minggu (20/10/2024).

Namun, Megawati tetap menghormati pelantikan presiden dan wakil presiden. Megawati memberikan instruksi kepada seluruh anggota fraksi PDIP untuk menghadiri pelantikan Presiden terpilih Prabowo Subianto.

“Ya memang kami, Ibu Mega telah mengeluarkan instruksi secara langsung bahwa seluruh anggota legislatif dari PDI Perjuangan dilarang untuk keluar kota dan semua harus hadir di dalam proses yang konstitusional berkaitan dengan pelantikan Bapak Prabowo selaku Presiden," ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangannya, dikutip Minggu (20/10/2024).

PDIP dan Megawati menghormati momen pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih.

"Ini sesuatu momentum kenegaraan yang juga dihormati oleh PDI Perjuangan," kata Hasto.

Megawati tidak bisa hadir karena sedang mengalami flu setelah kunjungan kerja di Rusia dan Uzbekistan.

"Seperti kita lihat kemarin pada saat Ibu Mega hadir di dalam promosi doktor saya, beliau pun kan juga menggunakan masker, karena memang setelah pulang dari Rusia, Uzbekistan kemudian melihat polusi yang begitu besar, dan kemudian semacam alergi debu. (Jad flu) Seperti itu," ujar Hasto.

Meski tidak hadir pelantikan Prabowo sebagai presiden, Megawati menyempatkan diri menerima tamu-tamu dari negara lain, yang meminta waktu bertemu dengannya pada hari ini. Para tamu itu datang ke Indonesia untuk hadir di pelantikan Prabowo. Namun ada dari mereka yang ingin menemui Megawati dulu.

"Kemudian Ibu Mega juga menerima banyak tamu-tamu negara yang ikut menghadiri acara pelantikan Pak Prabowo," ujar Hasto.

Sementara itu, kehadiran Megawati di pelantikan presiden dan wakil presiden akan diwakili Ketua DPP PDIP dan Ketua DPR RI Puan Maharani sebagai bentuk penghormatan.

"Karena itu, kehadiran Ibu Mega nanti diwakili oleh Mbak Puan Maharani selaku Ketua DPR RI dan juga representasi dari seluruh anggota legislatif dari PDI Perjuangan," jelas Hasto.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: