Prabowo: Demokrasi Indonesia, Demokrasi Santun

Oleh: Ahda Bayhaqi
Minggu, 20 Oktober 2024 | 12:01 WIB
Prabowo mengatakan, demokrasi Indonesia, demokrasi santun (Beritanasional/Youtube Sekretariat Presiden)
Prabowo mengatakan, demokrasi Indonesia, demokrasi santun (Beritanasional/Youtube Sekretariat Presiden)

BeritaNasional.com - Presiden Prabowo Subianto mengingatkan, Indonesia memiliki demokrasi yang khas. Demokrasi di Indonesia merupakan demokrasi yang santun, mengoreksi tanpa menggunakan caci maki. Bertarung tanpa membenci, bertanding tanpa berbuat curang.

"Demokrasi yang berasal dari sejarah dan budaya kita. Demokrasi kita harus demokrasi yang santun, demokrasi di mana berbeda pendapat harus tanpa permusuhan, demokrasi di mana mengoreksi harus tanpa caci maki, bertarung tanpa membenci, bertanding tanpa berbuat curang," ujar Prabowo dalam pidato pelantikan presiden di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Demokrasi di Indonesia, kata Prabowo, harus menghindari kekerasan, adu domba, dan hasut-mengasut.

"Demokrasi kita harus demokrasi yang menghindari kekerasan, yang menghindari adu domba, yang menghindari hasut-menghasut, demokrasi kita harus demokrasi yang sejuk, demokrasi yang damai, demokrasi yang menghindari kemunafikan," kata Ketua Umum Gerindra ini.

Prabowo mengajak kerja sama seluruh kekuatan di Indonesia untuk menggapai cita-cita para leluhur bangsa.

"Hanya dengan persatuan dan kerja sama kita akan mencapai cita-cita para leluhur bangsa kita. Bangsa yang gemah ripah loh jinawi, toto tentrem kerto raharjo," pungkasnya.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: