Anies Baswedan Hormat saat Disapa Prabowo dalam Pidato Pelantikan

Oleh: Lydia Fransisca
Minggu, 20 Oktober 2024 | 12:37 WIB
Momen Anies Baswedan mengambil sikap hormat saat disapa Presiden Prabowo. (BeritaNasional/Tangkapan Layar)
Momen Anies Baswedan mengambil sikap hormat saat disapa Presiden Prabowo. (BeritaNasional/Tangkapan Layar)

BeritaNasional.com -  Prabowo Subianto menyapa mantan rival politiknya, Anies Baswedan, saat berpidato usai dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia 2024-2029.

Mulanya, Prabowo menyapa para mantan presiden dan wakil presiden. Setelah itu, ia menyapa para pimpinan partai politik. Barulah saat itu, Prabowo menyebut nama Anies.

"Saudara Anies Rasyid Baswedan dan saudara Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin)," kata Prabowo pada Sidang Paripurna MPR dalam rangka pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Masa Jabatan 2024-2029, Minggu (20/10/2024).

Mendengar hal itu, Anies langsung berdiri dari kursi tamu. Dia pun terlihat tersenyum lebar sambil memberikan hormat dua kali.

Tak hanya Anies dan Cak Imin, Prabowo juga menyapa Ganjar Pranowo dan Mahfud MD meskipun keduanya tidak hadir.

"Saudara Ganjar Pranowo dan Saudara Prof Mahfud MD," kata Prabowo.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, mantan Calon Wakil Presiden Nomor Urut 3 pada Pilpres 2024, Mahfud MD, mengumumkan bahwa ia tidak bisa menghadiri pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029 pada Minggu (20/10/2024).

Pengumuman mendadak ini dibagikan melalui akun X resminya @mohmahfudmd pada pukul 04.29 WIB.

Mahfud menyatakan bahwa alasannya batal menghadiri pelantikan adalah karena perlu menengok ibunya di Surabaya.

"Pagi seharusnya saya siap-siap ke Gedung MPR untuk menghadiri pelantikan Presiden. Tetapi tiba-tiba saya harus menengok Ibu di Surabaya," kata Mahfud, dikutip dari akun X-nya.

Sementara itu, Ganjar membagikan video di akun Instagram saat Prabowo dilantik. Dalam video tersebut, Ganjar mengucapkan selamat atas pelantikan tersebut.

"Hari ini saya menyampaikan selamat kepada Bapak Prabowo Subianto atas pelantikannya sebagai Presiden Republik Indonesia," kata Ganjar di akun Instagramnyasinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: