Fakta Unik Tentang Bibir

Oleh: Sri Utami Setia Ningrum
Selasa, 22 Oktober 2024 | 07:00 WIB
Lips (Ilustrasi/Freepik)
Lips (Ilustrasi/Freepik)

BeritaNasional.com -  Bibir salah satu bagian tubuh yang sering terlupakan untuk dirawat atau diperhatikan. Padahal bibir bisa memengaruhi penampilan hingga mengenali kebiasaan kamu loh...

Berikut fakta unik tentang bibir. 

1. Unik
Menurut para peneliti, bentuk bibir manusia dianggap terunik daripada spesies lainnya. Manusia memiliki beragam warna bibir mulai dari terang hingga gelap. Bibir manusia juga memiliki batas antara bagian yang kemerahan, merah lebih terang, serta kulit di sekitarnya. Para ilmuwan menyebut batas tersebut 'vermilion border'.

2. Punya Nama
Setiap bibir atas seseorang memiliki nama yang berbeda-beda. Bukan nama untuk bibir atasnya tapi bagian kecil yang menonjol di tengah bibir yang biasa berbentuk V atau disebut tuberkulum. Nama untuk tuberkulum bermacam-macam mulai dari procheilion, tuberkulum labial, atau tuberculum labii superioris.

3.  Bibir Tebal Seksi
Fakta lainnya mengenai bentuk bibir terkait dengan daya tarik mereka di mata pria. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Louisville pada 2003 silam, wanita dengan bibir tebal lebih menarik perhatian pria. Seperti yang dikutip dari BBC, wanita juga lebih senang dengan pria yang memiliki bibir tebal.

4. Memiliki Banyak Otot
Setiap bibir manusia juga memiliki banyak otot. Ketika berciuman atau meniup terompet, menimbulkan banyak reaksi otot. Reaksi otot tersebut yang membuat kerutan di bibir.

5. Bisa Lumpuh
Bibir juga bisa mengalami kelumpuhan atau disebut Bell Palsy. Orang yang mengalami kelumpuhan bibir akan sulit tersenyum serta mengerutkan dahi. Kondisi ini disebabkan oleh saraf wajah yang rusak. Namun lumpuh ini bisa disembuhkan seiring berjalannya waktu.

6. Tidak Berkeringat
Perhatikan dengan saksama, apakah bibir kamu pernah berkeringat walaupun habis olahraga? Pasti tidak pernah. Bibir memang tidak memiliki kelenjar keringat. Karena tidak memiliki kelenjar keringat maka tak heran bila bibir cenderung cepat kering daripada bagian tubuh lainnya.

7. Darah Buat Bibir Berwarna Merah
Fakta menarik lainnya dari bibir adalah darah yang membuat bibir berwarna merah merona. Kulit bibir sangat tipis hanya sekitar tiga hingga lima lapisan sel. Sedangkan kulit bagian tubuh lainnya bisa sampai 16 lapisan. Oleh karena itu, tak heran bila warna bibir cenderung merah karena aliran darah terutama bagi pemiliki bibir warna terang.

8. Semakin Lama Semakin Tipis
Bibir semakin lama akan semakin tipis seiring berjalannya usia. Mengapa demikian? Bentuk bibir yang indah dipengaruhi oleh kolagen. Seiring bertambah usia, kolagen manusia akan berkurang. Oleh karena itu, kulit bibir juga butuh dirawat agar tetap indah hingga usia tua. Dokter kulit Dr. D'Anne Kleinsmith menyarankan wanita agar memakai lip balm atau lipstik yang mengandung tabir surya.sinpo

Editor: Sri Utami Setia Ningrum
Komentar: