Menpora Sebut FIFA Minta Pertandingan Timnas Indonesia vs Bahrain Tetap di Indonesia

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Senin, 21 Oktober 2024 | 16:12 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo. (BeritaNasional/Elvis).
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo. (BeritaNasional/Elvis).

BeritaNasional.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menyebut bilamana FIFA sudah meminta agar laga Timnas Indonesia vs Bahrain pada leg kedua Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia tetap diselenggarakan di Indonesia.

“FIFA pun juga sudah meminta pertandingan akan tetap ada di Indonesia,” ujar Dito usai pelantikan di Istana, Jakarta, Senin (21/10/2024).

Menurut Dito, jika Bahrain tidak mau menjalankan maka sudah seharusnya mereka dinyatakan walk out.

Lebih jauh, Dito menekankan bilaman Kemenpora bersama PSSI sudah berkoordinasi guna menindaklanjuti permintaan Bahrain. Ia menjamin keamanan dalam laga Indonesia vs Bahrain, sehingga tak perlu ada kekhawatiran berlebihan.

“Pokoknya kalo Bahrain sudah bersama Pak Ketum PSSI (Erick Thohir, di mana kami saya sebagai Menpora sudah memberikan statement resmi. Di mana kami menjamin untuk keamanan tim bahrain ketika di Indonesia, insyallah tidak mungkin ada ancaman atau keselamatannya pasti terjaga,” tegas Dito.

Dito juga berharap pihak Federasi Sepak Bola Bahrain (BFA) bisa mempercayai pihak Indonesia. Dito bahkan mengklaim FIFA sudah meminta laga Timnas Indonesia vs Bahrain tetap digelar di Indonesia.

“Jadi kalo ada klaim atau statement dari pihak Bahrain mengatakan merasa tidak aman di Indonesia itu bisa kami pastikan itu tidak ancaman atau potensi keamanan yang bisa membahayakan tim Bahrain,” tandasnya.

Sebelumnya, Asosiasi Sepak Bola Bahrain (BFA) mengajukan permohonan kepada AFC untuk memindahkan venue pertandingan melawan Timnas Indonesia saat Kualifikasi Piala Dunia 2026 tak digelar di Indonesia.

BFA merasa mendapatkan banyak ancaman dari netizen Indonesia. Maka dari itu, mereka mengajukan permohonan kepada AFC untuk pindah venue pertandingan melawan Indonesia.

Hal itu disampaikan mereka dalam akun Instagram Asosiasi Sepak Bola Bahrain pada Rabu (16/10/2024) malam WIB.

“Sejalan dengan keinginan Asosiasi Sepak Bola Bahrain dalam memastikan keselamatan para anggotanya, terutama anggota tim nasional, asosiasi kami sedang dalam proses menghubungi FIFA dan AFC untuk memberi tahu mereka tentang perilaku yang tidak dapat diterima yang telah didapat oleh Asosiasi Sepak Bola Bahrain mulai dari ancaman, kata-kata hinaan dan pencemaran nama baik yang dapat mempengaruhi keselamatan anggota tim nasional saat bertanding di ibu kota Jakarta," tulis pernyataan tersebut.

Seperti diketahui, Bahrain dijadwalkan bakal tandang ke markas Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, pada pertandingan lanjutan Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang akan digelar 25 Maret 2025 mendatang.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: