Daftar 4 Nama Calon Ajudan Presiden Prabowo yang Disodorkan TNI-Polri

Oleh: Tim Redaksi
Kamis, 24 Oktober 2024 | 07:00 WIB
Presiden Prabowo Subianto. (BeritaNasional/Oke Atmaja).
Presiden Prabowo Subianto. (BeritaNasional/Oke Atmaja).

BeritaNasional.com - Proses seleksi ajudan Presiden Prabowo Subianto semakin mengerucut ke beberapa nama. Setidaknya sudah ada empat nama yang bakal menjadi ajudan dari Presiden Prabowo.

Seperti presiden sebelumnya, Prabowo akan didampingi oleh ajudan yang selalu mendampingi dalam berbagai kegiatan kenegaraan. Tugas para ajudan ini mencakup berbagai hal, mulai dari pengamanan hingga urusan protokoler.

Berdasarkan informasi yang dihimpun beritanasional.com, terdapat empat nama perwakilan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), Angkatan Udara (AU), dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang santer beredar di publik. Berikut 4 nama calon ajudan Prabowo:

1. Kolonel Inf Wahyo Yuniartoto (TNI AD) 

Kolonel Inf Wahyo Yuniartoto prajurit lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 2001 yang memiliki karir panjang disatuan Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Sebagai Komandan Grup 2 Kopassus, Wahyo tercatat pernah menjadi salah satu prajurit termuda yang menjabat sebagai Asisten Operasi, saat dipercaya menjabat sebagai Asisten Operasi Kopassus, yaitu Staf Umum Danjen Kopassus Bidang Perencanaan, Operasi, dan Latihan.

 “Jadi, memang yang bersangkutan itu ikut seleksi sebagai calon ajudan presiden. Wahyo itu dari Kopassus,” kata Kadispenad Brigjen TNI, Wahyu Yudhayana saat dikonfirmasi, dikutip Rabu (23/10/2024).

2. Kolonel Pnb Anton "Sioux" Palaguna (TNI AU)

Kolonel Pnb Anton "Sioux" Palaguna lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 2000 dikenal sebagai penerbang Sukhoi Su-27/30. 

Memiliki latar belakang penerbang, Mantan Komandan Skadron Udara 11 di Pangkalan Udara Hasanuddin. Kemampuannya bisa mendukung tugas kenegaraan presiden dalam bidang keamanan udara.

"Yang terpilih (untuk ajudan Presiden), Kolonel Anton. Yang Wapres belum (terpilih),” kata Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Tonny Harjono kepada wartawan.

3. Letkol Laut (P) Romi Habe Putra (TNI AL) 

Letkol Laut (P) Romi Habe Putra lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 2002 yang mendapat predikat terbaik dalam Penutupan Pendidikan Kematraan 3 TNI AL Angkatan Ke-12. 

Kemampuan Romi ternyata memiliki beragam pengalaman, salah satunya adalah pengalaman sebagai Komandan KRI Sultan Hasanuddin-366. Sebuah alutsista kapal perang yang dikenal dengan kemampuan tempurnya.

"TNI AL telah menyeleksi sejumlah kandidat terbaiknya sejak September-Oktober dari tingkat Mabes TNI Angkatan Laut kemudian Setmilpres untuk ajudan Presiden, kemudian dari rangkaian proses seleksi itu, kandidat yang terpilih dari TNI AL Letkol Laut (P) Romi Habe Putra," kata Kadispenal Laksamana Pertama I Made Wira Hady saat dikonfirmasi.

4. Kombes Pol Ahrie Sonta Nasution (Polri)

Kombes Pol Ahrie Sonta Nasution lulusan Akpol 2002 ini sebelumnya diketahui duduk menjabat sebagai Sekretaris Pribadi (Sekpri) Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Polri ternyata telah mengirimkan perwakilannya untuk menjadi Ajudan Presiden Prabowo Subianto. Demikian diakui Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko.

Jenderal Bintang Satu tersebut membenarkan jika salah satu nama yang telah diajukan ke Sekretariat Militer Presiden (Setmilpres) adalah Kombes Pol Ahrie Sonta Nasution.

“Salah satunya adalah Komisaris Besar Polisi Ahrie Sonta yang diajukan sebagai salah satu calon untuk Ajudan Presiden Republik Indonesia saat ini bapak Presiden Prabowo Subianto,” kata Trunoyudo.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: